Kenali Doa Masuk dan Keluar Rumah Beserta Adabnya Juga, Yuk Dihafalkan!

Rumah merupakan tempat tinggal atau tempat untuk beristirahat setelah melakukan aktifitas yang melelahkan. Setiap hari tentunya kita banyak melakukan berbagai aktifitas di dalam maupun di luar rumah. Seperti sekolah, bekerja di kantor atau di tempat lain, berolahraga, hangout bersama teman atau kegiatan lainnya yang dilakukan di luar rumah.

Umat muslim diajarkan sejak kecil untuk membaca doa terlebih dahulu sebelum masuk ataupun jika ingin keluar rumah. Mengapa harus membaca doa ketika hendak masuk rumah dan keluar rumah tentu ada alasannya, selain itu ada adab-adab yang dianjurkan untuk kita lakukan, apa saja? Nah, yuk di simak !

Doa Masuk Rumah

Ketika hendak masuk ke dalam rumah jangan asal masuk saja, selain mengucapkan mengucapkan basmalah yang di sunnahkan untuk dilakukan dan salam, bacalah doa masuk rumah. Gunanya ketika kita masuk kedalam rumah, setan atupun jin tidak nyaman berada di dalam rumah yang kita masuki. Berikut ini bacaan ketika hendak masuk rumah:

Doa Masuk Rumah

Ketika memasuki rumah koang tahukah kamu ada doa khusus saat memasuki rumah tersebut, alasannya karena rumah tersebut sudah lama tidak dihuni, tidak ada aktifitas manusia yang dilakukan di dalamnya, tidak pernah lagi ada yang mengucapkan atau membaca Al-Qu’an untuk keagungan Allah.

Sehingga hal yang dirisaukan ialah rumah tersebut telah dihuni oleh para makhluk halus, seperti jin dan setan. Karena rumah yang paling miskin ialah rumah yang penghuninya tidak pernah/jarang melantunkan bacaan ayat suci Al-Qur’an di dalamnya.

Untuk itu sebagai umat muslim bacalah kitab suci Al-Quran di dalam rumah agar diberi keberkahan, dan perlindungan dari sehat atupun jin. Doa yang kita ucapkan ketika memasuki rumah kosong:

Doa Masuk Rumah Kosong

Doa Keluar Rumah

Orang yang melakukan aktifitas diluar rumah sebelum melangkahkan kaki jangan lupa baca doa dulu yah. Karena ketika kita berada di luar rumah kita tidak tahu apa yang akan terjadi terhadap kita untuk itu kita harus meminta perlindungan dari Allah SWT agar terhindar dari suatu hal yang tidak baik.

Terutama ketika hendak bepergian menggunakan kendaraan lakukanlah kebiasaan membaca doa sebelum berangkat. Bacaan doa keluar rumah:

Doa Keluar Rumah

Adab-Adab Ketika Masuk Dan Keluar Rumah

Nabi Muhammad SAW yang menjadi teladan bagi umat muslim mengajarkan berbagai hal yang membuat kehidupan menjadi lebih baik dan tenang baik dalam hal jasmani maupun rohani. Termasuk mengajarkan dzikir di waktu-waktu yang mustajab, doa-doa, serta adab-adab yang mesti dilakukan dalam aktifitas sehari-hari, dan lain sebagainya. Nah, ketika masuk dan juga keluar rumah ada adab-adab yang diajarkan untuk kita lakukan, sebagai berikut:

1. Mengetuk Pintu

Agar lebih sopan ketika hendak masuk ke dalam rumah ketuklah pintu terlebih dahulu dengan suara yang tidak terlalu kuat, ataupun ketika memasuki rumah orang lain jika memiliki bel pencet dengan tenang  beberapa kali saja dengan jeda beberapa saat. Agar tidak mengganggu penghuni rumah.

2. Membaca Basmalah Ketika Memasuki Rumah 

Bacalah basmallah ketika hendak masuk ke dalam. Membaca Basmallah merupakan Sunnah. Ajaran membaca basmalah diterapkan bukan hanya ketika memasuki rumah saja namun lakukanlah dalam setiap ingin memulai pekerjaan. Agar dipermudahdan diberi kelancaran dalam melakukan kegiatan kita, serta selalu diberi perlindungan.

3. Saat Masuk Rumah Ucapkan Salam

Langkahkanlah kaki kanan terlebih dahulu ketika hendak memasuki rumah kemudian ucapkanlah salam ketika masuk ke dalam rumah. Sebagimana dijelaskan dalam Al-Qur’an surah An-Nur ayat 61 yang berbunyi :

Saat Masuk Rumah Ucapkan Salam

Ucapan salam artinya mendoakan, ketika orang yang ada dirumah juga menjawab salam kita berarti saling mendoakan untuk keselamatan satu sama lain serta menebar kasih sayang satu sama lain, mendapat ridho Allah.

4. Saat Masuk Rumah Baca Doa

Saat masuk rumah bacalah doa agar rumah yang kita masuki terlindung dari jin dan juga setan. Berdoa sebagai rasa syukur kepada Allah karena telah diberikan perlindungan selama berada di luar rumah dan diberi keselamatan sampai ke rumah kita.

Membaca doa saat masuk rumah bagi sebagian orang juga kadang tidak dilakukan karena terburu-buru, apalagi ketika badan sudah lelah banyak dari kita ingin langsung berbaring ke tempat tidur, sehingga tidak mengucapkan salam atau tidak membaca doa ketika ingin masuk rumah.

5. Shalat Sunnah Dua Rakaat

Dengan melaksanakan shalat sunnah dua rakaat sebelum meninggalkan rumah dan juga sesudah mamasuki rumah, insya Allah kita akan dilindungi dari segala macam bahaya selama berada di luar rumah.

Kebiasaan ini mungkin tidak banyak dilakukan oleh banyak orang, alasannya mungkin karena tidak sempat sudah buru-buru ingin pergi atau mungkin sebagian dari kita belum mengetahui adab ini. Hukum melaksanakan shalat ini memang sunnah, namun alangkah lebih baik jika kita melaksanakannya.

Hal tersebut terdapat dalam sabda Rasulullah:

Hadist Shalat sunnah Masuk dan Keluar Rumah

6. Saat Keluar Rumah Baca Doa

Saat hendak meninggalkan rumah bacalah doa, minta perlindungan kepada Allah untuk segala kegiatan yang akan dilakukan selama berada di luar rumah, minta perlindungan dari hal-hal yang dapat membahayakan diri kita, dijauhkan dari orang-orang yang ingin mendzalami kita, serta dilancarkan segala urusan kita.

Jika ingin bepergian jauh mintalah keselamatan selama di perjalanan agar selamat sampai tujuan. Langkahkanlah kaki kanan setelah selesai membaca doa. Adab yang satu ini juga terkadang sering terlupakan oleh kita ketika buru-buru. Tidak baik yah, walaupun buru-buru tetap baca doa sebelum melangkahkan kaki ke luar rumah.

Demikianlah artikel mengenai doa masuk rumah, doa keluar rumah dan adab-adab saat masuk dan keluar rumah yang mesti kamu ketahui dan kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga dapat menambah wawasan kalian, serta diberi keberkahan oleh Allah SWT setelah menerapkannya.

Leave a Reply

Send this to a friend