Download HP USB Disk Storage Format Tool

Download HP USB Disk Storage Format Tool 2.2.3

Download HP USB Disk Storage Format Tool Developer: Hewlett-Packard
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 100KB



Di saat-saat tertentu, melakukan format pada USB flash disk mungkin tak bisa lagi dihindari. Terkadang ada masalah yang membuat flash disk tidak bisa digunakan seperti biasanya, dan satu-satunya solusi yang terpikirkan adalah memformat perangkat penyimpanan mungil tersebut.

Windows sudah punya fitur untuk memformat flash disk yang bisa diakses dengan mengklik kanan flash disk di dalam File Explorer, tapi punya kekurangan-kekurangan yang membuat banyak pengguna memilih software pihak ketiga seperti HP USB Disk Storage Format Tool. Salah satu kekurangannya yaitu tidak bisa memformat flash disk yang kapasitasnya melebihi 32 GB dengan sistem file FAT32.

Fitur HP USB Disk Storage Format Tool

HP USB Disk Storage Format Tool

HP USB Disk Storage Format Tool adalah software untuk memformat USB drive dan direkomendasikan oleh pabrikan flash disk SanDisk. Meskipun dikembangkan oleh Hewlett-Packard, software ini bisa digunakan untuk semua merek USB drive.

Bisa memformat USB drive yang kapasitasnya melebihi 32 GB dengan FAT32

Kelebihan FAT32 adalah kompatibilitasnya dengan berbagai sistem operasi. Kekurangannya, flash disk dengan sistem file FAT32 tidak bisa digunakan untuk menyimpan sebuah file yang ukurannya melebihi 4 GB meskipun kapasitas flash disk jauh lebih besar daripada itu. Jika anda tetap ingin memformat flash disk dengan file sistem ini, anda bisa menggunakan HP USB Disk Storage Format Tool.

Mendukung file sistem NTFS dan FAT32

File sistem NTFS lebih banyak menulis data daripada FAT32 demi menjaga konsistensi file sistem itu sendiri, tapi akibatnya bisa mengurangi usia flash drive. Sedangkan kekurangan FAT32, selain yang sudah disebutkan di atas, adalah risiko kerusakan file sistem yang lebih tinggi karena tidak mendukung penjurnalan. Jika anda bingung memilih, secara garis besar FAT32 disarankan untuk flash drive, sedangkan NTFS lebih dianjurkan untuk internal drive pada sistem operasi Windows.

Mendukung Kompresi

Apabila anda memilih file sistem NTFS, HP USB Disk Storage Format Tool juga mendukung kompresi sehingga nantinya flash disk bisa digunakan untuk menyimpan lebih banyak file. Namun, performa kecepatannya akan sedikit menurun.

Portabel

HP USB Disk Storage Format Tool adalah software portabel yang tidak perlu diinstall, tapi dibutuhkan hak admin untuk menjalankannya yang bisa diakses melalui klik-kanan pada software tersebut dan mengklik opsi “Run as administrator”.

Download HP USB Disk Storage Format Tool

Setelah dijalankan, secara otomatis HP USB Disk Storage Format Tool akan mendeteksi semua USB drive yang sedang terpasang pada komputer. Jika yang terpasang adalah flash disk dan memory card, maka keduanya akan terdeteksi dan ditampilkan di dalam daftar device. Untuk mencegah kekeliruan dalam memilih, sebaiknya cabut dulu semua USB drive lain yang terpasang jika ada.

HP USB Disk Storage Format Tool juga dapat membuat bootable flash disk jika anda berencana menggunakan flash disk sebagai sarana untuk troubleshooting komputer. Download HP USB Disk Storage Format Tool terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

 

Leave a Reply

Send this to a friend