Download Kingston SSD Manager Terbaru

Download Kingston SSD Manager Terbaru 2023 (Free Download)

Kingston Developer: Kingston
OS: Windows 7, 8, 10, 11
Lisensi: Freeware
Ukuran: 47.6MB
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5 (1 votes, average: 5.00 out of 5)
login to vote
Loading...


Kingston SSD Manager adalah software pengelola Solid State Drive (SSD). Seperti hardware pada umumnya, SSD pada akhirnya akan berhenti berfungsi. Yang menjadi masalah terbesar, tidak ada seorang pun yang tahu persis kapan hal itu akan terjadi.

SSD yang mendadak rusak sebelum masa ekspektasinya sudah sering terjadi dan membuat pemiliknya kelabakan karena ada data yang belum sempat di-backup. Inilah sebabnya kenapa anda memerlukan Kingston SSD Manager.

Fitur dan Keunggulan Kingston SSD Manager

Kingston SSD Manager

Untuk menggunakan Kingston SSD Manager, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Yaitu, anda harus punya SSD merek Kingston, memiliki hak admin di Windows, dan mode AHCI harus dalam keadaan aktif di BIOS. Selain bisa mengantisipasi kerusakan SSD sejak dini, Kingston SSD Manager juga bisa memperpanjang usia harapan SSD milik anda.

Memonitor Kondisi SSD Kingston

Pengguna dapat mengecek status SSD Kingston melalui informasi yang ditampilkan di dalam Kingston SSD Manager. Jika ada masalah pada SSD, masalah itu bisa langsung diketahui melalui Failures dan Warnings yang termuat di dalam panel Health Overview.

Di sisi lain, juga ada SSD Wear Indicator yang menjadi petunjuk untuk mengetahui kapan waktunya anda perlu mengganti SSD. Angka presentase pada indikator tersebut akan menyusut sering dengan pemakaian SSD. Menurut Kingston, garansi tidak lagi berlaku untuk SSD yang nilai wear-nya sudah menyusut hingga 1%.

Mengecek Status Kesehatan SSD Secara Mendetail

Buka tab Health kalau anda ingin tahu lebih lanjut mengenai kondisi SSD yang terinstal. Disitu anda bisa lihat berbagai atribut SSD dan kondisi masing-masing atribut. Beberapa diantaranya yaitu Read Error Rate, Bad Block Count, Power On Hours, Program Fail Count, Power Cycles, dan Unccorectable ECC Errors.

Setiap atribut tersebut disertai indikator grafis untuk memudahkan pengguna dalam membaca informasi.

Menampilkan Informasi Firmware

Versi, model, nomor serial, dan keterangan-keterangan lain mengenai firmware SSD dapat dilihat pada Kingston SSD Manager. Jika ada versi firmware yang baru, tombol update yang disediakan akan berubah statusnya dari yang semula tidak bisa diklik menjadi bisa diklik. Sebelum update, disarankan untuk membaca release note mengenai update tersebut terlebih dahulu.

SSD sangat direkomendasikan untuk pengguna yang ingin meningkatkan kecepatan komputernya karena jauh lebih mudah upgrade dari HDD ke SSD daripada ganti prosesor. Tetapi, sama halnya seperti harddisk, SSD punya masalah-masalah tersendiri terkait dengan daya tahannya sehingga banyak yang rusak dalam waktu singkat.

Download Kingston SSD Manager Terbaru

Pemantauan status kesehatan SSD dari waktu ke waktu yang dilakukan oleh Kingston SSD Manager memungkinkan anda untuk mempersiapkan diri dengan baik dalam mengantisipasi kerusakan SSD.

Saat Kingston SSD Manager menampilkan peringatan terkait dengan kondisi SSD, anda bisa segera backup seluruh data ke media penyimpanan lain sebelum mengambil langkah selanjutnya. Download Kingston SSD Manager terbaru dan gratis untuk Windows melalui link di bawah ini:

Editor: Muchammad Zakaria

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Nesabamedia.com:

Berita Terkini Seputar Teknologi

Kumpulan Tutorial Terbaru

Rekomendasi Produk Terbaik

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend