Download Mozilla Thunderbird 68.1.2

Download Mozilla Thunderbird Developer: Mozilla Organization
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 30MB


Memiliki banyak akun email bisa sangat merepotkan, apalagi jika tidak semua akun berasal dari provider yang sama. Misalnya ada yang dari Gmail, ada pula yang berasal dari Vivaldi Webmail, Yahoo Mail dan lainnya. Cara mengatasi masalah ini sangat mudah, yaitu dengan menggunakan Mozilla Thunderbird.

Mozilla Thunderbird adalah klien email untuk desktop Windows, Linux dan Mac. Sama halnya seperti Mozilla Firefox, software ini juga digratiskan untuk siapa saja yang berminat menggunakannya. Instalasinya mudah, tapi pengguna perlu mengutak-atik beberapa pengaturannya terlebih dulu untuk bisa mengakses layanan email melalui Thunderbird.

Fitur Mozilla Thunderbird

Download Mozilla Thunderbird

Tampilan Mozilla Thunderbird

Email yang masuk ke Mozilla Thunderbird diperlakukan sesuai dengan protokol yang dipilih oleh pengguna, yaitu protokol POP3 atau IMAP. Jika yang dipilih adalah POP3, semua pesan akan diunduh ke penyimpanan lokal sedangkan pesan yang ada di server akan dihapus secara otomatis 14 hari kemudian. Pengguna juga dapat memilih untuk langsung menghapus pesan-pesan tersebut dari server setelah semuanya selesai diunduh.

Untuk menghemat ruang harddisk, pengguna bisa mengatur Thunderbird untuk tidak mengunduh pesan email yang ukuran filenya melebihi batas yang sudah ditentukan sebelumnya. Sebagai contoh, pesan email tidak diunduh apabila ukuran filenya lebih dari 50KB.

Selain itu semua pesan juga bisa dihapus secara otomatis berdasarkan waktu, misalnya pesan-pesan yang sudah tersimpan selama 30 hari. Dan sebagai alternatif, tersedia pula pilihan untuk menghapus semua pesan email kecuali 2000 pesan yang paling baru. Tentu saja angka 2000 ini juga bisa diganti sesuai selera.

Setiap pesan juga bisa dihapus secara manual. Dalam hal ini, fitur keren yang bernama Quick Filter akan memfilter pesan berdasarkan kata yang diketik pengguna dan hasilnya pun ditampilkan secara instan tanpa harus menekan tombol apapun. Dengan fitur ini, beberapa pesan email bisa dihapus secara serentak. Filter pun dapat di pin untuk digunakan di akun email lainnya. Selain Quick Filter, tersedia juga beberapa tombol filter yang memungkinkan pengguna untuk hanya menampilkan pesan yang belum dibaca atau pesan yang memiliki lampiran.

Download Mozilla Thunderbird

Thunderbird juga menyertakan fitur feed reader. Setiap feed dapat diupdate dalam periode waktu yang berlainan. Contohnya, untuk feed dari Reddit diupdate setiap 5 menit sedangkan feed dari Instagram yang diambil melalui RSSHub diupdate setiap 1 hari. Fitur ini hanya fitur sampingan, jadi kemampuannya tidak sebagus QuietRSS atau feed reader berbasis desktop lainnya.

Fitur-fitur yang ada pada Thunderbird juga bisa ditambah dengan menginstall add-on seperti Send Later untuk menjadwalkan pengiriman pesan email, Close tab on ESC untuk menutup tab dengan menekan tombol ESC pada keyboard, MinimizeToTray Reanimated untuk menempatkan Thunderbird di system tray, Colored Folders untuk memberi warna pada folder, dan sebagainya. Apapun fitur yang ingin Anda tambahkan, Anda bisa mencarinya di laman add-on Thunderbird. Download Mozilla Thunderbird terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

Sending
User Review
5 (1 vote)

Leave a Reply

Send this to a friend