Download Owncloud 2.6.0

Download Owncloud Terbaru Developer: ownCloud GmbH
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 26MB


Banyaknya layanan cloud storage membuat pengguna jauh lebih leluasa dalam menentukan pilihan. Sebelumnya yang dikenal luas adalah Dropbox, OneDrive dan Google Drive, namun kemudian bermunculan layanan cloud storage lain seperti pCloud pada tahun 2013, Deego yang menawarkan kapasitas penyimpanan gratis sebesar 100 GB dan premium hingga 10 TB, serta IceDrive dan Blomp yang sama-sama muncul pada tahun 2018.

Keberadaan semua layanan cloud storage tersebut kemudian memunculkan pertanyaan seputar privasi, apalagi dengan terjadinya beberapa kasus privasi yang menimpa Dropbox. Pada akhirnya banyak yang memilih untuk membuat cloud storage pribadi dengan menggunakan Owncloud demi privasi yang lebih terjamin.

Fitur Owncloud

Download Owncloud Terbaru

Tampilan Owncloud Terbaru

File-file yang anda simpan melalui Owncloud juga bisa disinkronkan seperti ketika anda menggunakan Dropbox. Dari segi fungsionalitas, Owncloud memang mirip seperti Dropbox. Semua file yang ada di dalam server dapat disinkronkan tanpa terkecuali atau anda pilih file yang mana saja yang ingin anda sinkronkan. Untuk menyinkronkan file dari waktu ke waktu, tersedia software lintas platform berupa Owncloud client yang harus anda install.

Anda bisa terkoneksi dengan lebih dari satu server melalui Owncloud client. Di dalam software tersebut tersedia pula informasi mengenai total kapasitas penyimpanan server, berapa banyak dari kapasitas tersebut yang sudah terpakai untuk menampung file, dan sisa kapasitas yang masih bisa dipakai.

Jika tidak ada masalah, menu Owncloud akan terintegrasi dengan menu konteks setelah Owncloud client diinstall. Menu tersebut memudahkan anda untuk mengirim file ke server Owncloud dan untuk berbagi file dari dalam File Explorer. Untuk memastikan integrasi berjalan dengan baik, anda akan diminta untuk melakukan restart komputer terlebih dahulu.

Dalam menyinkronkan file, Owncloud client menampilkan pesan konfirmasi ketika file yang disinkronkan melebihi 500 MB atau melebihi ukuran file maksimal yang anda tentukan.

Owncloud juga menerapkan Delta Sync untuk mempercepat sinkronisasi file. Cara kerjanya seperti berikut. Ketika sebuah file disinkronkan untuk yang pertama kalinya, file tersebut akan disinkronkan secara utuh. Ketika file itu disinkronkan kembali di kemudian hari, yang disinkronkan hanyalah bagian dari file tersebut yang sudah mengalami perubahan. Secara otomatis ukuran file yang diupload saat sinkronisasi menjadi lebih kecil daripada biasanya.

Sebagai contoh, jika yang anda sinkronkan adalah sebuah file teks berukuran 1 MB, sedangkan yang berubah dari file tersebut hanyalah sekitar 10 KB, maka hanya perubahan yang sebesar 10 KB itulah yang akan disinkronkan. Proses sinkronisasi file pun dengan sendirinya akan menjadi lebih cepat.

Download Owncloud Terbaru

Di tengah maraknya isu privasi di dunia digital, kehadiran Owncloud membawa harapan untuk privasi yang lebih baik. Teknologi Delta Sync yang dimilikinya juga menambah nilai plus Owncloud yang dapat memikat lebih banyak pengguna. Kesimpulannya, Owncloud merupakan alternatif cloud storage yang dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada para penggunanya. Download Owncloud terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

Leave a Reply

Send this to a friend