Download PCMAV 10.2.9

Download PCMAV Terbaru Developer: PCMAV
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 12MB


Rata-rata antivirus yang populer saat ini membutuhkan spesifikasi hardware yang lumayan tinggi. Jika anda menggunakan sistem operasi Windows 10 dengan RAM 3 GB, membuka jendela utama antivirus seperti Kaspersky dan Avast akan cukup terasa beratnya. Biasanya selalu ada delay beberapa saat. Kondisi seperti ini tidak akan anda temui pada PCMAV.

PCMAV adalah antivirus buatan anak bangsa. Nama PCMAV itu sendiri diambil dari nama pengembangnya, yaitu PCMedia. Antivirus ini gratis tapi bukan freeware maupun open source. Anda dibebaskan untuk menggunakannya selama hanya untuk keperluan pribadi.

Fitur dan Keunggulan PCMAV

Download PCMAV Terbaru

Tampilan PCMAV Terbaru

Dari segi keamanan, PCMAV disertai dengan kemampuan untuk menangkal keylogger, mendeteksi dan mencegah malware, mengantisipasi phishing, memindai USB drive secara otomatis, memindai memori dan menggunakan teknologi heuristik. PCMAV juga dapat memindai file kompresi tapi proses scanning akan berjalan lebih lambat daripada biasanya.

Real time protection juga tersedia tapi anda pun tetap dapat melakukan scanning secara manual. Cara melakukannya yaitu melalui jendela utama PCMAV atau melalui menu konteks di dalam File Explorer.

Untuk meningkatkan akurasi dalam mendeteksi malware, engine PCMAV dapat dikombinasikan dengan database ClamAV. Integrasi dengan ClamAV ini sifatnya opsional dan secara default berada dalam status nonaktif sehingga perlu diaktifkan dulu jika anda ingin menggunakannya.

Kekurangannya, langkah-langkah mengaktifkan ClamAV tidak segampang mengklik sebuah opsi karena ada beberapa file library beserta beberapa file lainnya yang harus ditambahkan secara manual ke dalam folder PCMAV. Memang agak merepotkan tapi sebagai imbalannya akan lebih banyak malware yang bisa terdeteksi.

Sedangkan untuk pembaruan database ClamAV bisa dilakukan secara otomatis dan manual. Untuk bisa update secara otomatis tentunya syarat pertama yang harus dipenuhi adalah adanya koneksi internet. Proses update itu sendiri terjadi setiap kali PCMAV diluncurkan.

Jika terjadi masalah saat update otomatis, anda bisa mengunjungi situs resmi ClamAV untuk mengunduh database virus secara manual. Database tersebut tersedia di halaman download pada menu Virus Database. Unduh file yang bernama daily.cvd dan selanjutnya simpan di dalam folder PCMAV, tepatnya yaitu di dalam subfolder plugin ClamAV.

Dengan melakukan update database secara rutin, risiko terserang malware akan semakin kecil. Tapi, semakin besar database maka akan semakin lama pula proses pendeteksiannya. Untuk sedikit mengurangi waktu scanning, anda bisa memasukkan file-file yang sudah terbukti aman ke dalam daftar Ignore List.

Download PCMAV Terbaru

Seperti biasanya, notifikasi akan muncul setiap kali ada virus yang terdeteksi. Jika anda melakukan sesuatu yang penting dan tidak ingin ada interupsi dalam bentuk apapun, anda bisa menghilangkan tanda centang pada opsi Display alert notification untuk mengaktifkan silent mode.

Di kalangan pengguna komputer Indonesia, popularitas PCMAV terbilang cukup bagus, terutama untuk menangani virus lokal. Antivirus ini jauh lebih ringan daripada beberapa antivirus luar yang sudah umum digunakan di mana-mana. Tampilannya memang tidak secantik Avast atau lainnya tapi itu tidak begitu penting. Download PCMAV terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

Sending
User Review
4 (2 votes)

Leave a Reply

Send this to a friend