Download Telegram APK Terbaru

Download Telegram APK for Android (Terbaru 2022)

Download Telegram APK Terbaru Developer: Telegram
OS: Android
Lisensi: Freeware
Ukuran: 45MB
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars Click to voteLoading...


Telegram merupakan aplikasi instant messaging untuk saling berkirim pesan melalui koneksi internet. Tidak ada biaya yang dikenakan setiap kali anda mengirim dan menerima pesan kecuali biaya internet itu sendiri. Sejak versi 3.18 yang dirilis pada 30 Maret 2017, aplikasi Telegram juga sudah dilengkapi dengan video call.

Sekitar dua bulan setelah Telegram dirilis pertama kalinya di tahun 2013 untuk iOS, jumlah penggunanya mencapai 100 ribu orang. Sedangkan Telegram untuk Android dirilis pada bulan Oktober 2013 dalam versi Alpha. Data terakhir yang dihimpun berbagai lembaga survey internasional menunjukkan bahwa jumlah pengguna Telegram kini sudah melebihi angka 200 juta.

Fitur dan Keunggulan Telegram

Download Telegram APK Gratis

Semua percakapan di dalam Telegram tersinkronisasi dengan berbagai perangkat Android yang anda miliki seperti smartphone dan tablet. Meskipun Telegram diakses dengan smartphone yang berbeda, isi percakapan akan selalu sama yang meliputi pesan, video, foto dan semua file lainnya yang sudah dikirim melalui Telegram.

Telegram memiliki fitur Voice Call yang dilengkapi dengan mekanisme keamanan tertentu agar tidak bisa diintai oleh pihak lain. Setiap kali anda menelpon seseorang, Telegram membuat one-time encryption key (kunci enkripsi yang berlaku hanya untuk satu sesi percakapan) yang digunakan untuk melindungi percakapan sampai berakhirnya percakapan tersebut. Kunci enkripsi dibuat secara end-to-end sehingga pihak lain, termasuk perusahaan pengembang Telegram, tidak bisa mengakses kunci yang digunakan untuk melakukan enkripsi tersebut.

Secret Chat adalah fitur lain dari Telegram untuk pengguna yang menginginkan sistem keamanan yang lebih kuat saat melakukan chatting. Pada dasarnya setiap pesan di dalam Telegram diproteksi dengan enkripsi, tapi Secret Chat menerapkan metode enkripsi yang berbeda.

Pesan-pesan yang dikirim dengan menggunakan Secret Chat diproteksi dengan metode end-to-end encryption dan disimpan secara lokal di perangkat Android masing-masing, tidak di server Telegram. Server Telegram hanya berperan untuk mengantarkan pesan tersebut ke tempat tujuan. Sedangkan pesan-pesan lain yang dikirim seperti biasanya (bukan Secret Chat) dienkripsi dengan metode client-server encryption dan juga disimpan di dalam server Telegram secara terenkripsi.

Download Telegram APK Terbaru

Berkat sistem keamanannya tersebut, Telegram kerap dijadikan sebagai media komunikasi untuk percakapan-percakapan yang sensitif. Saat Hong Kong dilanda protes besar-besaran yang terjadi sejak tahun 2019, para aktivis di wilayah tersebut ramai-ramai menggunakan Telegram untuk saling berkomunikasi dan untuk koordinasi demo.

Di dalam Telegram, anda bisa membuat grup yang beranggotakan hingga 200 ribu orang. Jika ada pesan-pesan yang ingin anda sampaikan secara lebih luas, maka anda bisa menggunakan Channels yang tidak membatasi jumlah anggota. Tak perlu khawatir dengan banyaknya jumlah pesan dan file yang anda kirim melalui Telegram karena semuanya akan selalu tersimpan di server Telegram sebagai backup. Hal ini dimungkinkan karena Telegram menyediakan cloud storage dengan kapasitas penyimpanan unlimited. Download Telegram APK terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

1 Comment
Inline Feedbacks
View all comments
Mera
Mera
1 year ago

Mana link downloadnya