Download Zim 0.69.1

Download Zim Terbaru Developer: Zim Team
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 17MB


Zim adalah software pencatat yang mengadopsi konsep wiki. Tujuan dibuatnya software ini adalah untuk digunakan sebagai wiki pribadi yang menyimpan segala jenis catatan mulai dari yang sederhana seperti daftar tugas harian hingga yang agak kompleks seperti artikel yang pan-jang.

Zim hanya menggunakan media penyimpanan offline untuk menyimpan data, tapi ini bisa dis-iasati dengan memindahkan folder penyimpanan ke dalam folder Dropbox sehingga data anda akan selalu tersimpan di dalam layanan cloud storage tersebut.

Fitur dan Keunggulan Zim

Download Zim Terbaru

Tampilan Zim Terbaru

Meskipun Zim menggunakan sintaks wiki, anda bisa menulis seperti anda menulis di dalam Microsoft Word. Tapi jika anda ingin menggunakan seluruh fitur Zim secara maksimal, anda harus mempelajari sintaks tersebut sedikit demi sedikit. Ada banyak kemudahan yang bisa anda dapatkan setelah menguasai sintaks wiki.

Salah satu kemudahannya adalah anda bisa menempatkan sebuah kata di dalam tanda kurung siku untuk membuat dokumen baru sekaligus membuat link ke dokumen tersebut. Misalkan anda menulis [[informasi]], setelah dokumen dimuat ulang (refresh) kata tersebut akan berubah menjadi link yang mengarah ke dokumen baru yang berjudul informasi.

Anda dapat membuat link ke dokumen yang belum ada dengan cara di atas atau link ke doku-men yang sudah ada dengan mengklik tombol Link yang disediakan di dalam toolbar. Cara lainnya adalah dengan menyorot teks lalu menekan Ctrl + L.

Kemudahan lainnya dari sintaks wiki adalah anda bisa membuat bullet list hanya dengan menggunakan karakter asterisk. Checkbox juga bisa dibuat hanya dengan tanda kurung siku dan karakter asterisk.

Zim juga mendukung plugin. Jumlahnya tidak begitu banyak tapi rata-rata mampu membuat Zim makin menarik. Bahkan ada plugin yang dapat mengubah Zim menjadi seperti WriteMon-key. Nama plugin tersebut adalah Distraction Free Editing. Plugin ini bisa menyembunyikan menu, sidebar, mengatur lebar halaman, serta mengubah warna teks dan halaman.

Plugin lainnya, yaitu Backlinks Pane, menampilkan sebuah daftar yang berisi semua dokumen yang didalamnya terdapat link yang mengarah ke dokumen yang sedang dibuka. Sedangkan BookmarksBar merupakan plugin yang menampilkan kolom bookmark di atas editor.

Download Zim Terbaru

Semua plugin di atas sudah tersedia di dalam Zim, jadi semuanya bisa langsung diaktifkan. Un-tuk plugin yang belum ada, plugin tersebut harus diunduh dulu, lalu diinstall dengan cara me-masukkannya ke dalam folder plugin. Apabila Zim sedang terbuka ketika plugin diinstall, maka Zim harus direstart untuk menyelesaikan proses instalasi.

Anda yang tidak menyukai theme bawaan Zim mungkin tertarik untuk menginstall Theme Manager. Sebenarnya tanpa plugin ini pun theme bisa dirubah, tapi caranya cukup merepotkan karena harus selalu mengedit sebuah file untuk mengaktifkan theme lain. Berbeda dengan Theme Manager di mana anda bisa langsung memilih theme yang diinginkan. Download Zim terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5,00 out of 5)
Loading...

Leave a Reply

Send this to a friend