Download Zotero

Download Zotero 5.0.87

Download Zotero Terbaru Developer: Zotero Team
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 41MB



Zotero adalah software pengelola referensi yang banyak digunakan oleh kalangan akademis untuk membantu penulisan paper. Zotero juga dapat membantu pengguna umum yang membutuhkan metode lain selain yang sudah disediakan oleh browser untuk menyimpan halaman web dalam bentuk link dan snapshot.

Zotero mampu menyimpan referensi sebanyak yang anda perlukan. Kapasitas penyimpanannya tergantung dari sisa kapasitas harddisk anda. Zotero juga menyediakan cloud storage untuk penyimpanan dan sinkronisasi, tapi yang bisa digunakan secara gratis hanya sebesar 300 MB untuk setiap pengguna. Selama anda tidak melampaui batas tersebut atau selama anda hanya menyimpan referensi secara offline di harddisk anda, maka tidak ada apa pun yang harus anda bayar.

Fitur dan Keunggulan Zotero

Download Zotero Terbaru

Tampilan Zotero Terbaru

Pengguna dapat menambahkan referensi dari berbagai sumber langsung di dalam Zotero dan mengisi semua informasi yang diperlukan secara manual. Cara ini bisa ditempuh untuk mengelola referensi yang berasal dari sumber offline seperti buku cetak, majalah atau bahkan dari seminar-seminar yang anda hadiri. Sedangkan untuk referensi berupa jurnal, video, blog, artikel atau lainnya yang berasal dari internet, ekstensi Zotero perlu diinstall untuk mempermudah pengumpulan referensi.

Kalau anda hanya berencana menggunakan Zotero untuk mengumpulkan link seperti halnya fitur bookmark yang ada di browser, maka hanya ada dua langkah yang harus anda jalankan untuk menggunakan Zotero, yaitu menginstall Zotero dan kemudian menginstall ekstensi sesuai dengan browser yang selalu anda gunakan.

Jika anda ingin memakai Zotero untuk keperluan akademis, maka ada satu langkah lagi yang perlu anda lalui, yaitu mengintegrasikan Zotero dengan software yang anda gunakan untuk mengetik seperti Microsoft Office, LibreOffice, atau Google Docs. Integrasi itu sendiri bisa dilakukan dengan menggunakan plugin.

Selain plugin yang disediakan oleh pihak pengembang Zotero, ada sejumlah plugin lainnya yang berasal dari komunitas pengguna Zotero untuk mengintegrasikan Zotero dengan software lain seperti editor teks Adobe Brackets, Atom Editor, dan Sublime Text.

Download Zotero Terbaru

Cara menggunakan Zotero untuk menyimpan referensi kurang lebih sama seperti cara bookmark halaman web di browser. Setiap kali anda menemukan halaman web yang ingin anda simpan sebagai referensi, anda bisa klik-kanan pada icon Zotero di toolbar atau klik-kanan pada halaman web tersebut untuk mengakses menu Zotero. Di dalam menu tersebut anda bisa memilih untuk menyimpan halaman web hanya sebagai link atau menyimpannya sebagai snapshot dan link.

Anda tidak akan pernah lagi kehilangan informasi dengan Zotero karena setiap informasi yang anda dapatkan di internet bisa langsung dikumpulkan dalam sebuah database. Fitur pencarian Zotero memungkinkan anda untuk mencari informasi di dalam database tersebut dengan cepat sehingga anda bisa membacanya kembali atau menggunakannya sebagai rujukan di dalam dokumen yang anda buat. Download Zotero terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

Leave a Reply

Send this to a friend