Driver Chipset AMD Baru Perbaiki Masalah Terkait VBS di Windows 11

Driver Chipset AMD Baru Perbaiki Masalah Terkait VBS di Windows 11

Beberapa minggu yang lalu, AMD merilis revisi driver chipset utama dengan versi 3.10.08.506. Driver itu memperbaiki masalah preferred core CPPC2 yang dialami prosesor Ryzen pada build Windows 11 GA, yang umumnya menyebabkan output kinerja single-threaded yang lebih rendah. Jika anda belum menginstalnya, anda harus melakukannya.

Namun pengguna MSI sudah memiliki sesuatu yang lebih baru untuk diharapkan. Tampaknya driver yang lebih baru versi 3.10.22.706 diluncurkan untuk mereka, meskipun AMD belum mengumumkannya secara publik. Driver chipset baru 3.10.22.706 tampaknya membawa rencana manajemen daya Ryzen yang diperbarui dengan versi 7.0.4.4 dan menambahkan driver pengontrol I2C (Inter-Integrated Circuit) baru.

Mungkin yang paling penting, driver memperbaiki kesalahan yang menyebabkan ketidakakuratan terkait dengan pembacaan status platform idle run-time terdalam (HW DRIPS) berbasis perangkat keras saat Virtualization-Based Security (VBS) akan diaktifkan. DRIPS adalah status daya terendah yang dapat dijalankan sistem.

Karena VBS sudah diketahui memberikan kendala terhadap kinerja CPU Ryzen, mungkin saja driver chipset baru memperbaiki masalah kinerja ini juga. Namun, itu sepenuhnya spekulasi karena baik tes pihak ketiga maupun AMD tidak mengkonfirmasi hal ini.

Berikut changelog di versi baru tersebut:

Menambahkan driver pengontrol AMD I2C baru 1.2.0.118

  • Menyembunyikan opsi Powermanagement dari properti driver di device manager

AMDMICROPEP v1.0.30.0 – Perubahan besar pada paket driver ini meliputi:

  • Mengatasi HW DRIPS yang tidak akurat (lebih rendah dari nilai sebenarnya) karena batasan OS saat VBS/Hyper-V diaktifkan
  • Memberikan notifikasi driver AMD PMF tentang entry/exit S0i3

Dukungan Manajemen Daya Prosesor AMD / AMD Ryzen Power plan 7.0.4.4 15/10/2021

Jika anda memiliki motherboard soket MSI AM4 dan TR4 dan menjalankan Windows 11 atau Windows 10, anda dapat mencari nomor model yang dimiliki dan mengunjungi situs web MSI untuk mengunduh dan memasang driver chipset ini. Anda dapat menemukan driver chipset 3.10.22.706 di bagian dukungan motherboard. Contoh penggunaan MPG X570S CARBON EK X ditautkan di sini. Jika anda tidak yakin apa model motherboard yang dimiliki, anda dapat mencarinya menggunakan utilitas pihak ketiga seperti CPU-Z.

Leave a Reply

Send this to a friend