Driver Sound Intel Jadi Penyebab BSOD di Windows 11

Driver Sound Intel Jadi Penyebab BSOD di Windows 11

Jika anda mungkin mengalami Blue Screen of Death (BSOD) di Windows 11 dan perangkat anda menggunakan Intel Smart Sound Technology (SST), maka sebaiknya anda perlu untuk mengecek versi drivernya. Sebab, Microsoft memperingatkan adanya masalah dengan driver audio Intel tersebut dengan Windows 11, dan mereka sedang mengupayakan adanya perbaikan.

Pekan ini, Microsoft menambahkan daftar masalah kompatibilitas dengan driver Intel Smart Sound Technology sebagai masalah yang diketahui di Windows 11. Selain menyebabkan BSOD, bug ini kemungkinan juga menyebabkan pengguna tidak bisa meningkatkan dari Windows 10 ke Windows 11.

Microsoft mengatakan bahwa driver yang menjadi penyebab masalah itu terletak di Device Manager → System Devices di bawah kontroler Intel Smart Sound Technology. Nama filenya adalah IntcAudioBus.sys, dan versinya adalah 10.29.0.5152 dan yang lebih awal, atau 10.30.0.5152 dan yang lebih awal. 

Perlu dicatat bahwa versi yang dimulai dengan 10.30 belum tentu lebih baru daripada dengan 10.29. Ini mungkin kurang masuk akal, tetapi kedua versi ini berawal dari riwayat yang berbeda dan terpisah. Ketika melihat versi file tersebut, bagian terakhir dari angka “5152” adalah yang paling penting. 

Solusi yang diberikan Microsoft untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memutakhirkan driver tersebut ke versi 10.29.00.5714 dan 10.30.00.5714. Anda mungkin membutuhkan bantuan dari pihak Intel untuk memeriksa driver tersebut. 

Dengan memperbarui driver tersebut, akan memungkinkan pengguna untuk bisa memutakhirkan ke Windows 11, namun daftar dari Microsoft itu mungkin membutuhkan waktu sampai dengan 48 jam, agar penawaran pemutakhiran muncul. 

Microsoft juga meminta pengguna untuk menghubungi vendor, apabila peningkatan masih tidak kunjung muncul. Mereka memperingatkan pengguna untuk tidak memutakhirkan secara manual dengan menggunakan Media Creation Tool, sebelum masalah dengan driver Intel itu diatasi. 

Menariknya, layar BSOD yang muncul itu adalah kembali ke warna biru. Padahal sebelumnya untuk Windows 11, Microsoft mengganti layar BSOD itu dari biru ke hitam. 

Leave a Reply

Send this to a friend