• Our Partners:

Dua Bulan Lebih Dirilis, Windows 11 Masih Dalam Tahap Pengembangan

Dua Bulan Lebih Dirilis, Windows 11 Masih Dalam Tahap Pengembangan

NESABAMEDIA.COMSaat nesabamedia.com mengulas mengenai Windows 11 sekitar dua bulan yang lalu, ada beberapa area yang masih dalam tahap pembangunan.

Banyak aplikasi bawaan yang membutuhkan pembaruan, dan fitur-fitur baru yang dijanjikan sejak sistem operasi itu diperkenalkan bulan Juni silam, masih dalam pratinjau atau memang belum tersedia. 

Sudah dua bulan juga, banyak pembaruan Windows 11 yang telah dikirimkan. Sebagian besar berfokus pada perbaikan pada masalah awal yang ada di sistem operasi itu, sementara lainnya secara lambat menambahkan sejumlah fitur, yang semakin mendekati apa yang dijanjikan Microsoft sebelumnya. 

Build awal dari versi publik Windows 11 adalah dengan nomor 22000.194, yang bisa anda lihat dengan menjalankan ‘winver’ dari kotak Run atau kolom pencarian di Start Menu. Sampai dengan akhir November, nomor build sistem operasi itu telah menjadi 22000.348, beberapa hal telah ditambahkan, dirombak, ataupun diperbaiki, seperti:

Masalah Kinerja Ryzen

Baik Microsoft maupun AMD telah merilis perbaikan software untuk masalah yang berdampak pada prosesor terbaru AMD Ryzen, pada umumnya adalah yang memiliki inti lebih tinggi. Sejumlah pengujian memverifikasi bahwa perbaikan tersebut telah memperbaiki kinerja prosesor Ryzen dengan Windows 11 dan Windows 10, meski ada beberapa ruang lagi untuk peningkatan.

Perbaikan Banyak Bug

Ada banyak sekali daftar bug yang telah diperbaiki pada pembaruan awal Windows 11, mulai dari masalah pada rendering taskbar sampai dengang bug yang terjadi pada pencetakan, termasuk juga crash dalam beberapa kasus. Meski demikian, masih banyak bug lainnya yang membutuhkan perbaikan untuk software sekelas Windows yang jangkauannya amat luas.

Tampilan

Adalah sebuah keputusan besar ketika Microsoft memutuskan untuk kembali menggunakan layar biru untuk menampilkan Blue Screen of Death (BSOD) dari yang sebelumnya berwarna hitam, atau penambahan banyak emoji baru.

Mengubah hal-hal kecil semacam ini dalam waktu hanya beberapa minggu dari perilisan publik, menunjukkan bahwa Windows 11 adalah produk yang belum final, dan terkesan terburu-buru untuk diluncurkan. 

Sejumlah aplikasi dan fitur yang dijanjikan Microsoft masih belum tersedia sampai saat ini, dan diketahui masih dalam tahap pengujian. Biasanya dilakukan lewat saluran Pengembang atau Beta di program Windows Insider, dan sampai sekarang pun pengujiannya belum selesai.

Dukungan Aplikasi Android

Windows Subsystem for Android akan membawa aplikasi Android yang didukung oleh toko aplikasi Amazon ke Windows 11, asalkan Microsoft bisa mengaktifkan fitur virtualisasi yang tepat dan memenuhi serangkaian persyaratan hardware yang lebih ketat daripada Windows 11 itu sendiri. Versi pratinjau-nya, telah tersedia untuk pengguna di saluran Beta Windows Insider, yang hanya secara resmi mendukung sebagian kecil aplikasi Android.

Media Player Baru

Aplikasi Groove Music yang saat ini menjadi media player default akan digantikan dengan aplikasi yang baru, yang secara sederhana dinamai “Media Player” ketimbang “Windows Media Player.

Aplikasi baru ini akan menangani file video selain musik, namun itu juga masih menunggu, karena saat ini masih tersedia untuk saluran Pengembang di Windows Insider, dan bukan di saluran Beta atau Pratinjau Rilis yang lebih stabil. 

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend