Adobe Photoshop Windows Phone

Eksperimen Ini Pamerkan Adobe Photoshop di Windows Phone

Seperti yang sudah diketahui, Windows 10 Mobile bisa dibilang telah mati, namun Windows Phone yang masih ada saat ini, lebih cocok untuk dijadikan ajang eksperimen. Seorang pengembang dengan akun @aimbusho misalnya, kerap kali melakukan eksperimen dengan smartphone Lumia 950 XL miliknya untuk sejumlah project Windows. Kali ini dia berhasil menjalankan software Adobe Photoshop di perangkat Windows Phone miliknya itu.

Dia menunjukkan sebuah gambar yang menampilkan ponsel Lumia 950 XL dengan Windows Phone sedang menjalankan software Adobe Photoshop, sebagai buktinya. Dengan menjadikan tampilan mode landscape, software Photoshop itu nampak berjalan dengan lancar dengan layar lebar milik Lumia 950 XL itu.

Namun apakah menggunakan Adobe Photoshop di perangkat Windows Phone itu dirasa cukup nyaman? Banyak pihak yang meragukannya. Sebab, untuk melakukan editing secara leluasa, dibutuhkan tampilan yang luas dan besar, agar bisa melihat lebih mendetail gambar yang akan diedit.

Lalu, bagaimana hal itu bisa memungkinkan?

Semuanya karena berkat keberadaan dari Windows 10 ARM, sebuah sistem operasi yang dirilis Microsoft untuk perangkat berbasis ARM. Dan mengingat Adobe baru-baru ini menemukan bahwa perangkat ARM layak untuk dijadikan lahan investasi, versi beta Photoshop untuk prosesor ini sudah bisa diunduh.

Sementara itu Lumia 950 XL yang memang dibangun dengan chip ARM, dan oleh karena itu bisa menjalankan sistem operasi Windows 10 ARM dengan sedikit modifikasi. Dengan demikian hal ini bisa berarti bahwa siapapun yang memasang sistem operasi versi ini di perangkat Windows Phone mereka, maka bisa menjalankan aplikasi yang telah teroptimasi oleh ARM, termasuk untuk software Adobe Photoshop dengan versi yang baru saja dirilis.

Namun tentu saja, kemampuan dan terobosan ini dianggap terlalu kecil, dan juga terlalu lambat. Jadi meskipun Adobe Photoshop sudah bisa dijalankan di perangkat Lumia 950 XL, hal ini tidak memberikan dampak dan arti apa-apa bagi platform Windows 10 secara keseluruhan. 

Hal ini hanya sekedar sebuah eksperimen belaka, tidak lebih. Apalagi sistem operasi besutan Microsoft itu benar-benar telah mati dan tidak ada tanda-tanda bisa dihidupkan kembali.

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend