Elon Musk Anda Bisa Unduh Otak Anda ke Robot Humanoid

Elon Musk: Anda Bisa Unduh Otak ke Robot Humanoid

NESABAMEDIA.COMTahun lalu, Elon Musk memperkenalkan sebuah konsep dari robot humanoid yang bernama Tesla Optimus. Meskipun pengembangannya masih membutuhkan waktu sangat lama, namun Elon Musk memiliki harapan yang sangat tinggi pada robot jenis ini. 

“Robot humanoid akan benar-benar ada. Kecepatan peningkatan AI sangat pesat,” kata Elon Musk saat membagikan pandangannya mengenai robot humanoid yang sedang dia kembangkan. 

“Optimus adalah robot dengan tujuan umum, lebih seperti robot pekerja. Tugas utamanya adalah pada pekerjaan yang berulang, membosankan atau berbahaya. Pada dasarnya pekerjaan yang tidak ingin dilakukan oleh orang-orang,” tambahnya. 

Ketika berbicara mengenai robot humanoid, banyak orang memiliki kekhawatiran serius tentang apakah mereka akan menggantikan posisi manusia dalam situasi nyata. Itu sebabnya Musk pun ditanyai apakah robot ini akan bisa membantu orang dalam kehidupan sehari-hari mereka. Sebagai tanggapan, Musk mengatakan bahwa Optimus akan menjadi humanoid dengan fokus umum, dan fitur khususnya adalah kemungkinkan mengunduh kapasitas otak anda ke dalam Optimus. 

“Kami bisa mengunduh hal-hal yang kami yakini membuat diri kami begitu unik. Sekarang, tentu saja, jika anda tidak berada dalam tubuh itu lagi, itu pasti akan menjadi sebuah perbedaan, tetapi sejauh melestarikan ingatan kita, kepribadian kita, saya pikir kita bisa melakukan hal tersebut,” jelas Musk. 

Selain itu, Musk juga membagikan beberapa informasi mengenai desain bipedal robot tersebut.

“Manusia telah merancang dunia untuk berinteraksi dengan humanoid bipedal dengan dua tangan dan sepulh jari. Jadi, jika anda ingin memiliki robot yang cocok dan dapat melakukan hal-hal yang dapat dilakukan manusia, itu harus memiliki ukuran, bentuk dan kemampuan yang kira-kira sama,” ungkap Musk. 

Musk juga mengatakan bahwa Tesla kemungkinan akan memiliki sesuatu yang cukup bagus di tingkat prototipe pada tahun ini, dan mungkin akan mulai diproduksi dalam jumlah moderat sekitar akhir tahun 2023 mendatang. 

Robot Tesla pertama, yaitu Tesla Bot dibuat pada bulan Agustus 2021. Tingginya 1 meter lebih dengan berat 60 kg. Pada bulan Januari lalu, Musk menyebutnya sebagai pengembangan produk terpenting yang kami lakukan tahun ini. 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend