Pembaruan Windows 10 Oktober 2020 20H2

Empat Error Yang Muncul Saat Instalasi Pembaruan Windows 10 Oktober 2020 20H2

NESABAMEDIA.COMPembaruan Windows 10 bulan Oktober 2020 20H2 merupakan pembaruan utama kedua yang dirilis oleh Microsoft untuk tahun ini. Yang pertama adalah pembaruan bulan Mei yang dirilis pada bulan Mei. Sayangnya setelah mulai dirilis kemarin, pembaruan Windows 10 Oktober 2020 20H2 memunculkan sejumlah laporan error dari para penggunanya. 

Masalah ini sudah diketahui oleh Microsoft. Setidaknya Microsoft menyebutkan adanya empat potensi error atau kegagalan saat melakukan pembaruan Windows 10 Oktober 2020 20H2 nantinya. 

Pertama adalah error saat menginstal pembaruan di perangkat yang menggunakan driver pihak ketiga. Pesan error yang muncul diketahui sebagai berikut : “Windows tidak dapat atau gagal melakukan verifikasi publisher dari driver perangkat lunak ini.” Untuk masalah instalasi dengan driver pihak ketiga, pengguna melaporkan adanya pesan error lain.

Kedua adalah munculnya error atau masalah pada saat atau setelah melakukan instalasi pembaruan. Hal ini terjadi pada driver audio dari perangkat Conexant tertentu. Perangkat yang menggunakan driver Conexant atau Synaptics mungkin akan mendapati komputernya berhenti berjalan hingga terjadinya blue screen of death.

Ketiga adalah munculnya error atau masalah pada saat atau setelah menginstal pembaruan pada perangkat yang menggunakan Conexant ISST. Perangkat yang mengalami error ini, kemungkinan terjadi pada perangkat yang menggunakan Windows 10 versi 2004.

Keempat terjadinya error ketika menggunakan Microsoft IME dalam perangkat Windows yang menggunakan bahasa Jepang atau Cina. 

Empat masalah yang sudah diketahui oleh Microsoft di atas, dijelaskan bahwa baru muncul setelah dirilisnya pembaruan 20H2. Pihak Microsoft pun mengaku sudah memberikan solusi atas error pertama yakni yang terkait dengan driver pihak ketiga. 

Microsoft menjelaskan, error yang terkait dengan driver pihak ketiga, diketahui muncul jika beberapa hal berikut ini terdapat di perangkat pengguna :

  • File katalog dalam format buruk teridentifikasi saat instalasi pembaruan. Mulai pembaruan 20H2 ini, Windows membutuhkan validasi konten DER-encoded PKCS #7 di file katalog. Dan file katalog harus memiliki tanda validasi sesuai seksi 11.6 dari deskripsi DER-encoding x.690.
  • Ekstensi driver di file katalog tidak termasuk dalam dukungan ekstensi

Kemudian untuk masalah dengan driver audio Conexant, masih dalam status investigasi. Sementara masalah terakhir yang terkait dengan perangkat yang menggunakan bahasa Jepang dan Cina, sudah diketahui penyebabnya namun pihak Microsoft masih belum bisa memberikan perbaikan.

Leave a Reply

Send this to a friend