Apa itu Entity Relationship Diagram? Mengenal Entity Relationship Diagram

Apa itu Entity Relationship Diagram? Mengenal Entity Relationship Diagram

Database atau yang juga dinamakan basis data adalah sekumpulan informasi yang disimpan di dalam perangkat komputer secara sistematis. Hal ini membuat database mudah dicari serta diperiksa melalui sebuah program komputer ketika kita memerlukan informasi dari database tersebut. Untuk membuat databse lebih terstuktur dan rapi, maka Anda memerlukan Entity Relationship Diagram.

Entity Relationship Diagram merupakan sebuah model di dalam penyusunan database untuk memberikan kemudahan mengenai data yang memiliki relasi dengan database. Informasi selengkapnya tentang Entity Relationship Diagram akan kami jelaskan di bawah ini.

Mengenal Entity Relationship Diagram

Mengenal Entity Relationship Diagram

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa Entity Relationship Diagram merupakan jenis diagram yang digunakan untuk mengetahui relasi antara sebuah data dengan database.

Diagram ini biasanya berkaitan secara langsung dengan Data Flow Diagram yang digunakan dalam menampilkan konten data store. Anda bisa mendapatkan gambaran tentang hubungan yang terjadi antar data.

Ketika Anda ingin belajar menggunakan Entity Relationship Diagram, ada beberapa komponen atau istilah umum yang harus Anda ketahui. Beberapa komponen tersebut antara lain:

1. Entitas

Entitas adalah kumpulan objek yang bisa diidentifikasikan secara unik dan saling berbeda. Komponen atau simbol ini digambarkan dengan persegi panjang.

Selain itu, terdapat sebuah entitas yang dinamakan “entitas lemah” yang digambarkan dengan bentuk persegi panjang yang ada di dalam persegi panjang. Dinamakan sebagai entitas lemah karena masih harus berhubungan dengan entitas yang lainnya karena dia tidak dapat terindentifikasi secara unik.

2. Atribut

Setiap entitas sudah pasti memiliki elemen yang bernama atribut. Atribut digunakan untuk mendeskripsikan karakteristik dari sebuah entitas. Atribut kunci atau key atribute merupakan gabungan atau kombinasi dari beberapa atribut yang digunakan untuk membedakan seluruh baris data (Record/Row) di dalam tabel. Dikatakan unik dengan catatan ketika atribut yang dijadikan sebuah kunci tersebut tidak memiliki data yang mempunyai nilai sama.

3. Atribut Simple

Sebuah atribut yang memiliki nilai atomic dan tidak dapat dibagi atau dipecah lagi. Dengan kata lain, atribut ini memiliki nilai tunggal. Misalnya alamat, nama penerbit, tahun terit.

4. Atribut Multivalue

Sebuah jenis atribut yang di dalamnya terdapat nilai lebih dari satu. Artinya atribut ini merupakan kebalikan dari Atribut Simpel. Beberapa contohnya seperti nama beberapa pengarang yang ada di dalam buku.

5. Atribut Composite

Sebuah atribut yang di dalamnya terdiri dari beberapa atribut lebih kecil. Atribut tersebut memiliki arti tertentu dan masih dapat dipisah atau dibagi lagi. Itu artinya di dalam atribut tersebut masih terdapat sub atribut. Beberapa contoh yang termasuk atribut composite yaitu nama depan, nama belakang, atau nama tengah.

6. Atribut Derivatif

Atribut ini tidak harus disimpan di database. Atribut ini berasal dari atribut yang lain di mana atribut tersebut tidak harus dimasukkan ke dalam Entity Relationship Diagram. Contohnya seperti kelas, usia, selisih harga.

Leave a Reply

Send this to a friend