Eropa Desak Pabrikan Smartphone Sediakan Port USB-C

Eropa Desak Pabrikan Smartphone Sediakan Port USB-C

NESABAMEDIA.COMKomisi Eropa pada hari Kamis kemarin, 23 September, mengungkapkan proposal yang akan mengharuskan ponsel dan perangkat elektronik lainnya untuk menyertakan port pengisian USB-C yang umum. Hal ini dilakukan untuk mengurangi pemborosan dengan membiarkan orang menggunakan kembali pengisi daya lama mereka pada perangkat baru. Langkah ini terutama akan berdampak pada Apple, yang menggunakan konektor Lightning sendiri di iPhone-nya, bukan USB-C.

Selain perangkat smartphone, aturan akan berlaku untuk tablet, kamera, headphone, speaker portabel, dan konsol video game genggam.

Proposal dengan tajuk Radio Equipment Directive yang telah direvisi itu juga akan meminta adanya penyatuan standar pengisian cepat dan pelanggan dapat membeli perangkat baru tanpa pengisi daya dan diberikan panduan yang jelas tentang standar pengisian daya yang didukung perangkat mereka.

Proposal tersebut akan membutuhkan pemungutan suara di Parlemen Eropa untuk menjadi undang-undang, tetapi parlemen itu memilih mendukung aturan pengisi daya bersama tahun lalu. Produsen perangkat akan memiliki waktu 24 bulan untuk beradaptasi dengan aturan baru tersebut.

“Konsumen Eropa cukup lama frustasi tentang pengisi daya yang tidak kompatibel menumpuk di laci mereka. Kami memberi banyak waktu kepada industri untuk menemukan solusi mereka sendiri, sekarang waktunya yang tepat untuk tindakan legislatif guna menerbitkan aturan soal pengisi daya bersama” ungkap Margrethe Vestager, wakil presiden eksekutif Komisi Eropa

Dalam sebuah pernyataannya, Apple mengatakan bahwa mereka berbagi komitmen dengan Komisi Eropa untuk melindungi lingkungan dan menyoroti tujuan dari langkah mereka itu pada dasarnya adalah untuk membuat semua perangkatnya memenuhi kebijakan netral karbon pada tahun 2030.

“Kami tetap khawatir bahwa peraturan ketat yang mengamanatkan hanya satu jenis konektor, bisa menghambat inovasi daripada mendorongnya, yang pada akhirnya akan merugikan konsumen di Eropa dan di seluruh dunia,” kata juru bicara Apple.

Tetapi Apple, yang iPhone 13 barunya mulai dijual pekan lalu, secara bertahap beralih ke USB-C pada banyak produknya. Teknologi konektor hadir ke MacBook pada 2015, iPad Pro pada 2018 dan iPad Air pada 2020. Pekan lalu, perusahaan mengumumkan bahwa iPad Mini terbaru juga dilengkapi dengan USB-C.

Leave a Reply

Send this to a friend