Fitur Baru dan Peningkatan di Windows 11 22H2 (Bag. 1)

Fitur Baru dan Peningkatan di Windows 11 22H2 (Bag. 1)

NESABAMEDIA.COMMicrosoft kini tengah bersiap untuk mengirimkan Windows 11 22H2, pembaruan fitur utama pertama untuk sistem operasi yang diperkenalkan tahun lalu. Tidak seperti pembaruan Windows 10 sebelumnya, versi 22H2 hadir dengan banyak sekali daftar peningkatan dan kemampuan baru. Berikut ini daftarnya.

Start Menu dan Taskbar

Bisa dikatakan Start Menu dan Taskbar mendapatkan perubahan paling kontroversial di Windows 11. Microsoft memutuskan untuk membuat Taskbar dan Start Menu yang benar-benar baru, dan hasilnya banyak pengguna yang kecewa.

Fitur baru dan kurangnya kemampuan membuat pengguna mengeluh, jadi Microsoft ingin memperbaiki situasi ini dengan melengkapi Windows 11 22H2 dengan peningkatan penting. 

Pertama adalah mengembalikan kemampuan Drag and Drop, yang mendapatkan keluhan paling banyak dari pengguna. Windows 11 22H2 hadir untuk memperbaiki hal ini, dan memungkinkan anda untuk menyeret file dan menaruhnya ke ikon aplikasi untuk membukanya. Anda juga bisa menyeret file ke area Show Desktop di bagian bawah kanan untuk menyalin file ke Desktop.

Kedua adalah lebih banyak konten yang disematkan dan lebih sedikit yang direkomendasikan. Karena Microsoft ingin memberikan pengguna Windows 11 opsi untuk menghapus area Rekomendasi di Start Menu, namun hanya akan membuatnya lebih kecil. Windows 11 22H2 memiliki tiga layout baru untuk Start Menu, yakni More Pin, Default dan More Recommendations. Sayangnya, mematikan rekomendasi meninggalkan area kosong yang cukup besar di Start Menu.

Ketiga adalah Folder di Start Menu, yang akan dikembalikan Microsoft ke Windows 11 setelah menghapusnya bersamaan dengan Live Tiles. Folder di Start Menu kini terasa lebih umum dan mirip Android atau iOS. Anda bisa melakukan drag and drop aplikasi ke aplikasi lain untuk membuat folder, menambahkan lebih banyak aplikasi, menghapus yang sudah ada dan mengganti nama folder. 

Kemudian ada gestur sentuhan baru, yang akan memudahkan pengguna mengoperasikan Windows 11 di perangkat layar sentuh. Di antaranya seperti gerakan menggeser ke atas dan bawah untuk membuka dan menutup Start Menu. Menggeser ke kiri dan kanan untuk beralih antar aplikasi yang disematkan dan daftar semua program. Menggeser ke atas dan ke bawah dari pojok kanan bawah layar untuk membuka dan menutup Quick Settings.

Selanjutnya ada peningkatan pada Taskbar yang terkait dengan aplikasi Teams. Pengguna Teams kini akan bisa mendapatkan keuntungan dari dua fitur baru yang dihadirkan Microsoft. Pertama adalah kemampuan untuk membisukan mikrofon menggunakan ikon mikrofon di area notifikasi. Yang kedua adalah kemampuan untuk dengan cepat berbagi jendela yang terbuka.

Peningkatan Quick Settings untuk Bluetooth juga ditambahkan di Windows 11 22H2 ini, di mana pengguna kini bisa dengan cepat mencari dan menghubungkan perangkat Bluetooth tanpa harus membuka aplikasi Settings. Banyak pengguna yang menginginkan fitur ini, dan merupakan hal yang baik jika Microsoft mengabulkannya.

Fitur Baru dan Peningkatan Windows 11 22H2 (Bag. 2)
Fitur Baru dan Peningkatan Windows 11 22H2 (Bag.3)

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend