Fitur Baru dan Peningkatan di Windows 11 22H2 (Bag. 3)

Fitur Baru dan Peningkatan di Windows 11 22H2 (Bag. 3)

NESABAMEDIA.COMWindows 11 versi 22H2 tengah dipersiapkan untuk proses perilisan. Ada banyak sekali fitur baru dan peningkatan yang akan di bawa. Dan berikut ini lanjutan dari berbagai fitur baru dan peningkatan yang telah nesabamedia.com rangkum sebelumnya di Bagian Kedua.

Efficiency Mode

Perubahan desain antarmuka tidak hanya dilakukan pada Task Manager saja. Aplikasi kini mendukung Efficiency Mode, yang memungkinkan anda untuk secara manual mengurangi aplikasi atau proses yang menghabiskan lebih banyak sumber daya. 

Focus Mode

Windows 11 membawa mode do not disturb yang lebih baik dan Focus Mode yang dipisahkan. Do not disturb adalah cara lebih tradisional untuk mematikan notifikasi yang masuk dengan menggunakan aturan tertentu. Sementara Focus Mode, lebih ke fitur tingkat lanjut yang memungkinkan anda untuk membuat pengatur waktu untuk bisa fokus ke tugas tertentu dan meningkatkan produktivitas dengan mengurangi distraksi. 

Dukungan AirPods

Windows 11 kini bisa bekerja lebih baik dengan beragam model AirPods. Sistem operasi mendapatkan dukungan Wideband Speech yang memungkinkan kualitas audio yang lebih baik untuk panggilan suara. 

Animasi

Dynamic Refresh Rate di perangkat yang didukung dengan layar yang memiliki kecepatan refresh tinggi, kini bisa bekerja dengan lebih baik di Windows 11. Windows 11 bisa meningkatkan ke kecepatan refresh 120Hz ketika menampilkan animasi, menggulir halaman atau memindahkan kursor. Ini akan menjadikan sistem operasi menjadi lebih cair, dan responsif di perangkat yang mendukung.

Mode Airplane

Windows kini bisa mengingat status dari gelombang radio yang tersedia di mode pesawat untuk menjaganya tetap berjalan, ketika anda berpindah mode. 

Live Captions

Windows 11 22H2 memperluas ketersediaan fitur Live Caption, dengan kini secara otomatis akan melakukan penyalinan konten yang diucapkan dari sumber audio manapun, termasuk mikrofon. Untuk live caption mikrofon, para pengguna yang memiliki masalah pendengaran bisa mendapatkan teks dan mengikuti percakapan secara langsung. 

Begitu diaktifkan, Live Caption akan muncul di bagian atas layar, tepat di bawah kebanyakan komputer yang memiliki kamera. Ini akan membantu pengguna untuk mengikuti percakapan dan tetap terlibat dalam pertemuan online jarak jauh. Posisinya bisa dipindahkan ke bagian manapun, sesuai kebutuhan pengguna. 

Menariknya, fitur ini tidak membutuhkan jaringan internet yang aktif, namun anda harus mengunduh paket fitur ketika pemasangan pertama kali. Sayangnya, untuk saat ini Live Caption hanya mendukung bahasa Inggris. 

Voice Access

Voice Access adalah sebuah fitur baru untuk mengendalikan perangkat komputer hanya dengan menggunakan suara. Setelah diluncurkan, Voice Access akan menampilkan kepada anda petunjuk interaktif dengan semua detail untuk menggunakannya. 

Sebuah perubahan besar yang dibawa Voice Access adalah kemampuan untuk mengemulasikan input dan klik standar. Windows akan menampilkan overlay berbentuk grid, yang bisa digunakan dengan suara anda untuk memberitahukan di mana sistem operasi harus melakukan klik. 

Seperti halnya Live Caption, Voice Access tidak membutuhkan jaringan internet aktif, dan semua data diproses secara lokal. Untuk ketersediaan bahasa, masih mendukung bahasa Inggris saja untuk sekarang. 

Narrator

Akhirnya, Windows 11 membawa suara natural untuk fitur Narrator. Fitur ini bergantung pada pembaca layar Windows default, dan suaranya terdengar lebih seperti manusia sungguhan dan tidak lagi terlihat seperti robot. Sekali lagi, jaringan internet aktif tidak dibutuhkan untuk bisa menggunakan fitur ini. 

Kekurangan Windows 11 22H2

Windows 11 versi 22H2 tidak melakukan perubahan pada persyaratan perangkat keras minimal. Anda masih harus menggunakan prosesor yang lebih modern dan sebuah chip TPM untuk bisa menjalankan sistem operasi ini. Yang berubah adalah proses pemasangan awal, di mana jaringan internet aktif kini dibutuhkan untuk semua SKU, ditambah anda juga diharuskan masuk menggunakan akun Microsoft

Hal lain yang masih menjadi kekurangan adalah pencarian. Hasil yang ditampilkan masih kurang relevan, perubahan yang diberikan hanya menambahkan konten yang direkomendasikan dan menambahkan iklan. Juga banyak sekali fitur yang dikunci berdasarkan wilayah. 

Kemudian Windows 11 mencampurkan widget standar dengan beragam berita, jadi menemukan widget yang anda butuhkan akan menyebabkan anda harus menggulirkan melewati berbagai berita dan iklan yang cukup banyak. 

Meski sudah ada banyak rumor sebelumnya, namun Windows 11 22H2 masih tidak memungkinkan pengembang aplikasi pihak ketiga untuk membuat dan mengirimkan widget Windows kustom. 

Sebelumnya:

Fitur Baru dan Peningkatan Windows 11 22H2 (Bag. 1)
Fitur Baru dan Peningkatan Windows 11 22H2 (Bag.2)

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend