• Our Partners:

Fitur Baru Google Search: Highlight Hasil Pencarian Di Laman Web

NESABAMEDIA.COM – Jika pengguna mengunjungi sebuah laman web karena tertarik dengan deskripsinya di Google Search, maka teks yang tercantum di dalam deskripsi itulah yang biasanya akan dicari oleh pengguna begitu laman web terbuka. Sayangnya, teks yang dimaksud seringkali sulit dicari di dalam laman web.

Kendala tersebut kini bisa sedikit diatasi dengan fitur baru Google Search yang baru saja dihadirkan. Dikatakan “sedikit” karena fitur itu hanya ditujukan untuk Featured Snippet (Cuplikan Pilihan).

Featured Snippet menunjukkan teks terpilih dari sebuah laman web yang dianggap sebagai jawaban paling tepat, ditampilkan paling atas di dalam hasil pencarian Google Search, ditempatkan di dalam sebuah kotak, dan disertai dengan satu atau beberapa gambar yang sesuai.

Featured Snippet di Google Search

 

Apabila pengguna mengklik URL atau judul laman di dalam Featured Snippet, maka teks yang ada di dalam deskripsinya akan disorot (highlighted) dengan warna kuning di dalam laman web terkait.

 

Teks Featured Snippet Disorot Dalam Warna Kuning

 

Pengguna juga tidak perlu menelusuri isi halaman atau menggunakan Ctrl + F untuk mencari teks tersebut. Begitu laman web terbuka, bagian laman yang memuat teks itulah yang akan ditampilkan pertama kali.

Sebenarnya fitur highlight tersebut sudah disediakan Google sejak 2018, tapi waktu itu hanya ditujukan untuk AMP (Accelerated Mobile Pages). Kini Google juga menyediakannya untuk laman-laman HTML.

Namun, menurut informasi yang dihimpun Nesabamedia.com dari laman Search Console Help yang menjelaskan tentang Featured Snippet, fitur highlight hanya dapat berfungsi apabila browser yang dipakai memiliki teknologi yang dibutuhkan untuk menggunakan fitur tersebut. Oleh karena itulah pengguna disarankan untuk selalu menggunakan browser Google Chrome.

Perubahan pada Google Search kali ini mungkin terkesan kecil, tapi dampaknya cukup besar. Dari sisi pengguna, fitur highlight bisa menghemat waktu dan tenaga. Dari sisi pemilik website, fitur tersebut dapat mempengaruhi penghasilan yang diperoleh dari iklan secara negatif.

Iklan yang memberikan penghasilan paling besar biasanya adalah iklan yang terletak di bagian atas. Karena fitur highlight langsung menampilkan teks yang dibutuhkan pengguna, berarti pengguna tidak akan melihat iklan di bagian atas. [az/tn]

Leave a Reply

Send this to a friend