Fitur Buy Now Pay Later di Edge, Dikritisi Pengguna

Fitur Buy Now Pay Later di Edge, Dikritisi Pengguna

Di samping fitur dan kinerjanya yang memuaskan, Microsoft Edge juga terkenal akan tampilan antarmuka penggunanya yang selaras dengan tampilan Windows 10 dan Windows 11.

Dengan bloatware yang sedikit, Microsoft Edge bisa berjalan dengan cepat dan ramah pengguna. Namun sayangnya, perusahaan sepertinya membuat browser itu mengalami penurunan kinerja, karena menambahkan fitur belanja yang sebenarnya tidak dibutuhkan oleh pengguna. Dan sepertinya banyak pengguna yang tidak senang akan tambahan fitur baru ini.

Fitur yang baru saja diintegrasikan ke Edge ini bernama “Buy Now, Pay Later” atau “BNPL”. Sebagai informasi, layanan ini ditawarkan oleh sejumlah perusahaan e-commerce seperti Target dan Wallmart.

Pada dasarnya, fungsinya adalah untuk membantu pengguna ketika membeli produk dari toko online itu melalui browser Edge, dan kemudian menjadikan pembayarannya sebagai cicilan. Harga produk yang didukung untuk dicicil adalah antara $35 sampai $1000, dengan empat kali cicilan dan jatuh tempo di atas enam minggu. 

Ini artinya, pengguna akan bisa membeli barang yang mereka inginkan secara online, dengan sistem pembayaran cicilan, yang kemungkinan juga bebas bunga. Microsoft menempatkan fitur Buy Now Pay Later ini di bagian kolom alamat dan pop-up autofill browser Edge

Fitur tersebut akan otomatis muncul ketika pengguna terdeteksi hendak melakukan pembayaran. Dengan kata lain, fitur Edge yang baru ini akan mendorong orang-orang membeli produk yang mungkin sebenarnya tidak begitu dibutuhkan. Itu karena pengguna tidak harus membayar secara langsung, secara psikologis memudahkan di awal, seperti menggunakan kartu kredit. 

Menariknya, banyak pengguna yang mengaku kecewa dengan penambahan fitur Buy Now, Pay Later ini. Mereka pun kemudian membanjiri kolom komentar dari postingan Microsoft yang mengumumkan fitur baru tersebut.

Salah seorang pengguna mengkritisi: “sungguh hebat sekali bagaimana kalian bisa dengan mudah menyia-nyiakan kerja keras kalian dengan fitur yang konyol seperti ini. Bahkan fitur Bing juga terlalu agresif”.

Pengguna lainnya juga berkomentar, “ini adalah ide yang sangat buruk, tolong batalkan proyek ini. Kalian justru membuat browser Edge semakin buruk, dan membuat hidup siapapun yang menggunakan fitur ini lebih buruk lagi”. 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend