Fitur Copy Paste Windows 10

Fitur Copy Paste di Windows 10 Akan Dapatkan Perubahan Besar

NESABAMEDIA.COMMicrosoft tengah mengembangkan fitur baru untuk aplikasi flagship mereka yakni SwiftKey, yang akan mengubah cara copy paste yang selama ini digunakan di perangkat Windows 10. Dengan pembaruan bulan Oktober 2018, Microsoft menambahkan fitur “Cloud Clipboard” di Windows 10. 

Fitur Cloud Clipboard bisa diakses pengguna dengan menekan tombol Windows + V di keyboard. Fungsinya adalah adanya riwayat konten berupa gambar maupun teks yang pernah di copy paste oleh pengguna. Fitur itu juga memungkinkan untuk melakukan pin pada konten yang seringkali di copy paste dan disinkronkan ke perangkat Windows 10 yang dimiliki.

Teks, gambar hingga kode HTML yang ada di riwayat clipboard bisa dibagikan ke seluruh perangkat Windows yang terhubung dengan menggunakan akun Microsoft. Setelah menunggu selama dua tahun, fitur ini juga hadir di aplikasi mobile SwiftKey Keyboard. 

Untuk versi mobile ini, Microsoft juga tengah melakukan uji coba pada opsi “Sinkronkan riwayat clipboard ke Cloud”. 

“Melakukan copy-paste dari perangkat pengguna, dan fitur Cloud Clipboard dalam kondisi on, Microsoft akan menerima datanya, dan kemudian disinkronisasi ke seluruh perangkat Windows 10 yang dimiliki pengguna,” begitu informasi yang tercantum pada fitur tersebut.

Sebagai informasi, Microsoft mulai mengembangkan fitur ini sejak dua tahun yang lalu, yakni pada tahun 2018. Namun kemudian pengembangan dihentikan pada 2019, dan baru dilanjutkan baru-baru ini.

Setelah fitur ini mendarat di aplikasi SwiftKey di perangkat mobile, pengguna bisa mengcopy tulisan atau kalimat di perangkat mobile mereka, untuk kemudian dibagikan ke perangan Windows 10. Begitu juga sebaliknya, pengguna bisa mengcopy-paste kalimat maupun gambar di perangkat Windows 10 dan dikirimkan ke perangkat mobile.

Misalnya, jika pengguna menyalin tautan di ponsel mereka, maka pengguna kemudian juga bisa menempelkannya di browser Edge, Chrome atau browser lainnya di Windows 10 dalam waktu sekian detik saja. 

Swiftkey juga mendapatkan tampilan antarmuka khusus untuk fitur Cloud Clipboard ini, yang bisa diakses dengan menekan tombol clipboard di bagian toolbar. Perlu diperhatikan juga, fitur ini juga bisa berjalan di aplikasi Your Phone. Namun hanya terbatas untuk perangkat merk Samsung saja yang memang sudah terintegrasi dengan Your Phone.

Leave a Reply

Send this to a friend