bibit

Fitur-fitur Aplikasi Bibit yang Wajib Kita Ketahui

NESABAMEDIA.COM – Dimasa pandemi seperti saat ini, banyak sekali masyarakat yang lebih ‘melek’ terhadap dunia investasi. Terutama para millenial yang ada di Indonesia, karena dengan penurunan ekonomi dimasa pandemi semakin membuat kita banyak belajar bagaimana mengatur kestabilan finansial. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, banyak sekali karyawan-karyawan yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja atau PHK.

Dampak virus covid-19 juga berpengaruh dengan keadaan finansial tiap masyarakat dan juga pengusaha. Karena segala sesuatu tidak dapat berjalan dengan baik, sehingga membuat pemerintah untuk memberlakukan lockdown sementara sampai situasi membaik.

Oleh karena itu, untuk mengatasi hal ini tidak terjadi lagi dikemudian hari, kita harus memiliki tabungan darurat yang dapat menopang biaya yang akan dikeluarkan pada saat-saat darurat seperti sekarang ini. Sudahkah Anda membiasakan diri untuk menabung? Dan bagaimana cara menabung versi Anda ? Jika Anda menabung di bank konvesional, maka hal itu sedikit kurang efektif.

Karena kita akan membayar biaya administrasi kartu tiap bulannya dibank tersebut, sehingga uang kita akan berkurang sedikit demi sedikit. Lalu bagaimana cara menabung yang efektif? Saat ini investasi merupakan salah satu cara menabung yang sangat digandrungi oleh sebagian masyarakat.

Anda dapat menabung dengan berbagai instrumen investasi seperti saham, pasar uang, obligasi dan lain sebagainya. Saat ini saya adalah orang yang ikut menabung di investasi reksadana menggunakan aplikasi bibit. Pada artikel ni saya akan memberikan beberapa fitur yang menarik di aplikasi Bibit.

Fitur-fitur Aplikasi Bibit yang Wajib Kita Ketahui

Saat ini saya sedang menabung di investasi reksadana menggunakan aplikasi bibit. Mengapa saya memilih bibit untuk berinvestasi? Karena didalam aplikasi bibit, memiliki berbagai macam fitur yang dapat kita gunakan. Berikut adalah fitur-fitur aplikasi bibit yang wajib kita ketahui.

1. Fitur Robo Advisor

Robo Advisor merupakan salah satu fitur utama yang saya sukai di aplikasi bibit. Fitur ini merupakan sebuah AI yang dibangun bibit untuk membangun profil resiko dan membuat portofolio kita bekerja secara optimal. Robo Advisor nantinya akan memberikan Anda profil resiko sesuai dengan jawaban yang telah Anda jawab sebelumnya.

Tidak hanya itu, Robo Advisor juga akan membantu Anda dalam menciptakan protofolio yang baik dan memberikan Anda produk investasi yang terbaik. Nah, fitur Robo Advisor ini sangat berguna untuk Anda apabila Anda baru pertama kali mencoba untuk berinvestasi.

Saya juga mengikuti saran dari Robo Advisor untuk berinvestasi, dan sejauh ini saya merasa cocok dengan hasil portofolio saya.

bibit

2. Fitur Tutorial Berinvestasi

Apabila Anda seorang pemula, maka Anda tidak perlu repot lagi untuk melakukan pencarian bagaimana cara membeli dan menjual reksadana di aplikasi bibit. Karena pada beranda aplikasi bibit telah disediakan tab Tutorial Berinvestasi. Anda dapat klik salah satu dari cara yang ingin Anda pelajari dan ikuti langkah-langkah didalamnya.

bibit

3. Fitur Nabung Rutin

Apakah Anda merupakan salah satu orang yang sibuk? Jika iya, maka aplikasi bibit sangat cocok untuk Anda. Karena pada aplikasi bibit telah menyediakan fitur Nabung Rutin.

Pada aplikasi ini, Anda dapat mengatur jadwal kapan Anda harus menabung investasi. Dan nantinya, Anda akan mendapatkan notifikasi berupa peringatan untuk menabung reksadana. Caranya sangat mudah, Anda dapat klik tab Sekarang kamu bisa Nabung Rutin.

bibit

Setelah itu klik button Buat Baru yang berwarna hijau.

bibit

Kemudian tetapkanlah nominal uang yang akan Anda investasikan setiap bulannya. Setelah itu pilih juga metode pembayarannya. Lalu pilih juga tanggal berapa Anda akan berinvestasi. Jika sudah, maka klik button Terapkan.

bibit

3. Fitur Gift Card

Dengan menggunakan aplikasi bibit, Anda juga tetap bisa untuk berbagi kepada orangtua, rekan, maupun sahabat-sahabat Anda. Karena aplikasi bibit memiliki fitur Gift Card. Dimana Gift Card merupakan sebuah fitur yang memungkinkan Anda untuk memberikan hadiah berupa reksadana untuk kerabat terdekat Anda di hari ulang tahun, kelulusan, dan lain sebagainya.

Cara menggunakannya juga sangat gampang, Anda harus klik tab Gift Card Reksa Dana.

bibit

Setelah itu, Anda dapat memilih tema Card yang ingin Anda kirimkan. Contohnya yaitu seperti untuk hadiah ulang tahun, pernikahan, kelulusan dan lain sebagainya. Disini saya akan mengirimkan Gift Card untuk ulang tahun kerabat saya, sehingga saya klik tema Birthday.

bibit

Kemudian pilih gambar yang ingin dikirimkan, lalu klik Pilih Desain.

bibit

Langkah selanjutnya isilah nominal yang akan Anda berikan dan kemudian tuliskan ucapan yang ingin Anda sampaikan kepada si penerima. Dan klik Selanjutnya.

bibit

Klik Lanjutkan Pembayaran.

bibit

Maka Anda akan diminta untuk membuka aplikasi Gopay, klik Buka.

bibit

Pada aplikasi Gopay, kliklah button Konfirmasi & Bayar. Setelah itu kembali ke aplikasi Bibit dan bagikan link Gift Card tersebut kepada penerima.

4. Fitur Tips

Seperti yang sudah saya jelaskan diawal, aplikasi bibit sangat cocok untuk pemula maupun para professional. Karena aplikasi ini memiliki user interface yang baik dan mudah untuk digunakan. Kemudahan tersebut juga didukung dengan fitur yang sangat berguna.

Pada aplikasi bibit juga memberikan artikel yang memberikan penjelasan dan tips untuk para penggunanya ketika berinvestasi. Pada tab Tips Untuk Kamu ini, Anda dapat membaca artikel mengenai reksadana maupun investasi.

bibit

5. Fitur Quiz

Tidak hanya memiliki fitur tips dan tutorial, pada aplikasi bibit juga memiliki fitur quiz. Quiz tersebut dapat Anda isi sesuai dengan kemampuan Anda. Dan Anda tidak perlu khawatir, karena pada setiap jawaban salah, Anda akan diberikan penjelasan yang mudah dan mudah untuk dicerna. Soal-soal quiz tersebut membahas mengenai investasi. Dengan begitu, maka Anda dapat mengukur kemampuan Anda dalam berinvestasi melalui fitur ini.

bibit

6. Fitur Cashback dan Komunitas

Apabila Anda memiliki seorang teman yang baru memulai berinvestasi melalui bibit, maka Anda dapat mengirimkan kode referral kepada mereka. Dan apabila teman Anda memasukkan kode referral tersebut, maka Anda dan juga teman Anda akan mendapatkan cashback saldo reksadana sebesar Rp 25.000. Lumayan, bukan? Dengan begitu, maka teman Anda dan Anda akan mendapatkan masing-masing Rp 25.000.

Pada aplikasi bibit, Anda juga dapat bergabung dengan komunitas para pengguna bibit. Tetapi Anda harus menginstall dan menggunakan Telegram. Karena grup komunitas tersebut tersedia di aplikasi Telegram. Anda dapat klik tab Gabung Komunitas Bibit di Telegram untuk masuk ke dalam grup tersebut. Dan klik Ajak Teman Dapat Cashback untuk mengirimkan kode referral Anda.

bibit

Maka, kode referral Anda akan ditampilkan. Klik Copy ataupun Share kode tersebut kepada teman Anda yang berminat untuk berinvestasi. Dan kode referral saya adalah frnspol , Anda dapat menggunakan kode referral tersebut untuk mendapatkan cashback saldo reksadana sebesar Rp 25.000.

Apabila Anda merasa kurang suka dengan kode referral Anda, maka Andadapat mengeditnya sesuai dengan keinginan Anda. Caranya yaitu dengan klik tombol Edit yang berada di samping kode referral Anda. Dan kemudian ketiklah kode referral yang Anda inginkan.

 

bibit

7. Fitur Support

Fitur support merupakan fitur yang dapat Anda gunakan untuk menanyakan mengenai aplikasi bibit maupun investasi reksadana. Orang-orang yang ada pada tab support tersebut merupakan tim dari Bibit juga. Anda tidak perlu khawatir karena tim bibit tersebut tergolong cepat pada saat membalas chat.

Klik menu Support yang ada di bagian bawah tampilan aplikasi bibit.

bibit

Maka Anda akan dibawa ke halaman Support, Anda dapat menanyakan berbagai pertanyaan kepada tim bibit. Dan tunggu sampai tim bibit membalas pertanyaan Anda.

bibit

8. Fitur Edit Data Pribadi

Fitur ini merupakan fitur yang dapat Anda gunakan untuk mengubah Data Pribadi Anda. Klik menu Profil dan kemudian klik menu Data Pribadi.

bibit

Klik button Ubah Data Personal.

bibit

Nah, pada halaman ini, Anda dapat mengubah mengenai informasi pribadi Anda seperti mengubah email, nomor hp, pin, akun bank, ahli waris dan lain sebagainya.

bibit

9. Fitur Preferensi Syariah

Anda ingin berinvestasi dengan produk investasi Syariah saja? Tentu saja hal itu sangat mungkin untuk dilakukan. Karena bibit juga telah menambahkan fitur ke dalam aplikasinya untuk menampilkan dan menyarankan Anda memilih produk investasi berbasis Syariah. Sehingga pada tampilan beranda bibit, hanya akan menampilkan produk-produk investasi Syariah saja. Caranya sangatlah mudah, klik menu Profil dan geser toogle Preferensi Syariah sampai menyala.

bibit

Nah, sekarang Anda sudah dapat melihar seluruh produk investasi di aplikasi bibit Anda berubah menjadi produk investasi Syariah saja.

bibit

10. Fitur Sembunyikan Nominal

Jika Anda tidak terlalu suka untuk menampilkan nominal saldo investasi Anda, maka Anda dapat menyembunyikannya dengan cara klik menu Profil. Dan kemudian geser toogle Sembunyikan Nominal sampai menyala seperti pada gambar dibawah ini.

bibit

Nah, sekarang portofolio investasi Anda akan menyembunyikan nominalnya. Tetapi Anda tetap bisa melihat imbal hasil yang telah Anda dapatkan.

bibit

Demikianlah artikel yang menjelaskan mengenai fitur-fitur aplikasi bibit yang wajib Anda ketahui. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan memberikan Anda semangat untuk terus berinvestasi.

Sarifah Farrah Fadillah

Hanya seseorang yang suka menulis dan tertarik di bidang Teknologi. Dan orang yang selalu percaya akan kata-kata ‘Usaha tidak akan mengkhianati Hasil’.

Leave a Reply

Send this to a friend