Fitur Ikon Meet Now Taskbar Windows 10

Fitur Meet Now di Windows 10 Dianggap Bloatware, Ini Cara Mematikan

NESABAMEDIA.COMFitur Meet Now di Windows 10 merupakan sebuah fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk menjadi host dan menghadiri meeting secara jarak jauh menggunakan aplikasi Skype. Microsoft telah menambahkan ikon Meet Now ke Taskbar di Windows 10 versi 1903 atau yang lebih baru, dengan pembaruan bulan Desember 2020. 

Setelah fitur Meet Now ini dirilis ke seluruh pengguna Windows 10, para pengguna memiliki tanggapan yang beragam dengan pendekatan yang dilakukan Microsoft ini. Sayangnya, sebagian besar pengguna itu menyebut fitur Meet Now seperti Bloatware, atau dianggap sebagai aplikasi yang memperlambat dan mengganggu kinerja perangkat mereka. 

Para pengguna yang mengeluh itu rata-rata mengaku perangkat mereka berjalan lebih lambat dari biasanya, sebelum fitur Meet Now tersebut terpasang. Sebagian yang paham dalam mengatasi masalah performa itu, memilih untuk mencopot fitur Meet Now dan menghapusnya. Namun mereka yang awam, tampak kebingungan dengan membanjiri forum-forum dukungan dengan keluhan.

Sebenarnya, cara untuk mematikan atau menghilangkan fitur Meet Now ini tidak terlalu sulit. Microsoft telah memberikan opsi untuk melakukan pencopotan fitur tersebut. Pengguna hanya tinggal menekan klik kanan pada ikon Meet Now yang ada di Taskbar. Nantinya akan muncul menu pilihan Hide, yang akan menghilangkan ikon Meet Now dari Taskbar.

Namun dalam beberapa kasus dan keluhan yang disampaikan pengguna, menu pilihan Hide untuk menghilangkan ikon Meet Now itu tidak muncul. Ataupun meski telah diklik pilihan Hide, ikon tersebut masih tetap ada. Jika mengalami masalah seperti ini, ada beberapa hal yang perlu dilakukan lebih lanjut.

  1. Klik kanan pada Taskbar dan pilih ‘Taskbar Settings’
  2. Pada halaman Settings, geser ke bawah dan pilih ‘Turn system icons on or off’
  3. Cari ikon Meet Now dalam daftar yang muncul
  4. Pilih opsi mematikan, dengan menekan tombol On, yang akan berubah menjadi Off

Cara lain yang bisa dilakukan untuk menghilangkan ikon Meet Now itu bisa dilakukan seperti berikut:

  1. Buka halaman Settings → Personalization → Taskbar
  2. Klik “Select which icons appear on the Taskbar” di bawah area notifikasi
  3. Klik Meet Now dari daftar maka toogle-nya akan berubah dari On ke Off

Pengguna juga bisa menghilangkan ikon Meet Now dengan menggunakan Group Policy Editor, dengan cara yang sedikit lebih rumit berikut ini:

  1. Buka Group Policy Editor
  2. Buka User Configuration → Administrative Templates
  3. Pilih “Start Menu and Taskbar”
  4. Di panel sebelah kanan, klik dua kali “Remove the Meet Now icon”
  5. Pilih Disabled
  6. Klik OK dan tutup editor

Perlu dicatat bahwa Microsoft secara perlahan juga akan menghadirkan fitur Meet Now ini ke produk lainnya, seperti Outlook dan browser Edge. Ini merupakan langkah Microsoft agar bisa membantu mempertahankan keberadaan Skype dan data penggunanya, dari rival seperti Zoom.

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend