Fitur Windows 10 Shake to Minimize

Fitur Shake to Minimize di Windows 10 Akan Dimatikan

NESABAMEDIA.COMSalah satu hal terbaik yang bisa didapatkan dari Windows adalah bagaimana sistem operasi itu memiliki kemampuan yang intuitif.

Lebih jelasnya, hampir semua fitur yang ada di Windows bisa diakses dengan mudah oleh pengguna dan Microsoft pun memberikan dukungan yang benar-benar maksimal.

Namun meski demikian, ada sejumlah fitur yang kurang begitu berguna dan tidak populer yang disembunyikan oleh Microsoft. Dan kini dikabarkan perusahaan asal Redmond itu berencana untuk memensiunkan fitur-fitur yang disembunyikan tersebut yang salah satunya bernama Shake to Minimize.

Dalam sebuah referensi yang ada di Preview Builds terbaru, pembaruan Windows 10 yang akan datang bakal mematikan dukungan terhadap fitur “Shake to Minimize” yang ada di sistem operasi itu. Fitur yang juga dikenal sebagai “Aero Shake” ini pertama kali diperkenalkan oleh Microsoft pada Windows 7. 

Fitur Shake to Minimize itu pada dasarnya akan memungkinkan pengguna untuk mengambil jendela aplikasi atau program melalui title bar dan kemudian menggoyangkannya untuk meminimize jendela aplikasi atau program lain yang sedang terbuka. Dengan fitur ini, pengguna bisa menutup semua jendela aplikasi yang terbuka yang menghalangi jendela utama yang sedang digunakan oleh pengguna.

Untuk bisa menggunakan fitur Shake to Minimize ini, pengguna perlu memilih jendela aplikasi atau program dengan menekan klik kiri pada mouse, dan menggoyangkan kursor tadi ke arah depan dan belakang sambil tetap menekan klik kiri. Jika dilakukan dengan benar, maka semua jendela aplikasi atau program yang sedang terbuka akan otomatis mengecil ke Taskbar dan fokus tampilan akan bergeser ke jendela utama.

Fitur Shake to Minimize ini sangat membantu ketika pengguna ingin berfokus pada satu jendela aplikasi saja, sementara banyak sekali jendela aplikasi lain yang terbuka dan tidak ingin membuka jendela lainnya hanya untuk menekan tombol minimize. Namun di sisi lain, fitur ini juga sangat bergantung pada sensitivitas mouse yang digunakan.

Bagi yang tidak begitu menyukai fitur ini, pengguna bisa menonaktifkannya di Group Policy Editor atau melalui Windows Registry Editor. Dalam Windows 10 Preview Builds, Microsoft kini tengah bereksperimen dengan penandaan baru yang akan mematikan fitur Shake to Minimize secara keseluruhan. 

Perlu dicatat bahwa ini adalah penandaan internal dan bisa saja berubah sewaktu-waktu, namun jika prosesnya seperti yang sudah terungkap dalam Preview Builds yang disebutkan di atas, maka kemungkinan besar fitur ini akan dimatikan pada tahun depan. 

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend