• Our Partners:

Fitur Sleeping Tab di Microsoft Edge Bisa Kurangi Tekanan RAM

Fitur Sleeping Tab di Microsoft Edge Bisa Kurangi Tekanan RAM

Microsoft beberapa bulan yang lalu memang telah memberikan banyak dukungan fitur tambahan untuk layanan Edge berbasis Chromium, bahkan fitur seperti Sleeping Tab diklaim bisa digunakan untuk menekankan penggunaan RAM di PC, Kamis (08/12).

Microsoft telah memberikan dukungan fitur Sleeping Tab di Edge Chromium melalui versi 105, fitur ini memungkinkan pengguna PC untuk dapat membuka lebih banyak Tab di browser dan mengakses lebih banyak situs melalui fitur mereka.

Fitur Sleeping Tab ini bisa dikatakan sebagai salah satu fitur terbaik yang dikembangkan oleh Microsoft untuk Edge Chromium, karena dengan menggunakan fitur ini maka pengguna memori atau RAM di PC tidak terlalu padat. Sehingga PC masih bisa mengoperasikan lebih banyak aplikasi yang berjalan di waktu yang bersamaan.

Seperti yang telah banyak diketahui, bahwa semakin banyak kita membuka Tab di browser maka secara otomatis PC akan menggunakan lebih banyak penggunaan memori atau RAM. Sehingga kadang PC menjadi lebih lambat ketika mengoperasikan beberapa aplikasi yang ada didalamnya.

Hal ini juga terjadi di Edge Chromium, namun kini Microsoft telah memberikan dukungan penggunaan memori yang jauh lebih ringan melalui Edge. Kini fitur Sleeping Tab akan aktif secara otomatis ketika sedang membuka banyak Tab.

Ketika pengguna menggunakan layanan Edge Chromium dan membuka banyak Tab, maka secara otomatis sistem akan menghentikan sementara berjalannya proses web ketika tidak diakses lebih dari 5 menit. Jadi penggunaan memori atau RAM juga semakin ringan.

Dilansir melalui laman resmi Microsoft, setidaknya hingga bulan September 2022 kemarin fitur Sleeping Tab ini telah membantu mengurangi hingga 1,38 miliar jumlah tab yang ukurannya diubah agar lebih ringan untuk dijalankan dan RAM tidak terbebani.

Nah untuk lebih mudah dimengerti, tim Nesabamedia telah melakukan percobaan dan menemukan bahwa dengan menggunakan fitur ini maka penggunaan Edge Chromium di RAM bisa berkurang hingga mencapai 82% dengan tanpa memberikan performa yang lambat di Edge.

Bagaimana menurut Anda mengenai fitur baru yang dikembangkan oleh Microsoft? Tentu saja Microsoft tidak akan berhenti sampai di sini, mereka masih akan mengembangkan fitur untuk mewujudkan performa ringan dan matang untuk sistem Windows.

Download berbagai jenis aplikasi terbaru, mulai dari aplikasi windows, android, driver dan sistem operasi secara gratis hanya di Nesabamedia.com:

Download Software Windows

Download Aplikasi Android

Download Driver Printer

Download Sistem Operasi

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend