Microsoft Word Windows 10 Fitur Text Prediction

Fitur Text Prediction Kini Hadir di Microsoft Word

NESABAMEDIA.COMMulai bulan depan, Microsoft Word untuk perangkat Windows akan memasukkan fitur baru yang akan secara otomatis memberikan saran kata yang akan digunakan, ketika pengguna mengetik tulisan mereka. Fitur baru Microsoft Word itu bernama ‘Text Prediction’, dan Microsoft menyatakan bahwa fitur itu akan mulai bisa digunakan pada bulan Maret 2021 mendatang. 

Sebelumnya, fitur ini sudah diperkenalkan kepada pengguna Office yang tergabung dalam program Insider pada bulan September 2020 lalu. Ketika mengetik, Microsoft Word akan memberikan sugesti kata dalam format tersamarkan, sebagai kata berikutnya yang digunakan dalam sebuah kalimat, seperti yang terlihat pada tangkapan layar berikut ini.

Microsoft Word Text Prediction

Microsoft Word Text Prediction

Jika pengguna ingin untuk menggunakan kata yang disarankan itu, maka pengguna tinggal menekan tombol Tab pada keyboard, dan Microsoft Word secara otomatis akan memasukkan kata yang disarankan itu ke dokumen. Microsoft meyakini bahwa fitur baru ini akan membantu pengguna untuk bisa mengetik lebih cepat dan mengurangi kesalahan pengetikan (typo) atau kesalahan penggunaan grammar. 

“Fitur ini akan mengurangi kesalahan penulisan dan grammar, serta sistem akan mempelajari dari waktu ke waktu pengalaman pengguna, sehingga bisa memberikan rekomendasi kata terbaik dalam style penulisannya,” kata Microsoft menjelaskan dalam sebuah unggahan blognya.

Semakin hari, nantinya model pembelajaran mesin yang digunakan Microsoft itu akan menjadi lebih baik dalam memprediksi apa yang akan diketik pengguna, berdasarkan hasil tulisan sebelumnya. Data yang dikumpulkan dan dipelajari oleh model pembelajaran mesin itu tidak akan dibagikan di luar penulisan dokumen, dan hanya akan bisa dilihat oleh manusia.

Fitur Text Prediction di Microsoft Word yang akan datang ini bukanlah sebuah fitur baru. Sudah banyak aplikasi dan software pihak ketiga yang memilikinya, termasuk Gmail dan fitur bawaan di Windows 10. Sangat mengherankan memang jika Microsoft baru saja memasukkan fitur ini ke program Office paling populer mereka.

Jika tidak sabar untuk bisa segera mencobanya, pengguna Office 365 yang berlangganan secara khusus, bisa mencoba fitur Text Prediction itu dengan bergabung pada program Office 365 Insider. 

Sementara itu, bagi para pengguna Windows 10, bisa mengaktifkan fitur serupa yang memang sudah jadi bawaan. Caranya dengan membuka halaman Settings → Devices → Typing dan mengaktifkan “Show text suggestions as I type” di bagian bahwa menu Hardware. 

Leave a Reply

Send this to a friend