Fitur Windows 10 Yang Hilang di Windows 11

Fitur Windows 10 Yang Hilang di Windows 11

NESABAMEDIA.COMWindows 11 akan segera hadir dengan sejumlah fitur yang baru dan keren, namun meski demikian, sistem operasi itu tidak akan membawa beberapa fitur lama yang ada di Windows 10. Windows 11 menghilangkan sejumlah fitur yang sebelumnya ada di Windows 10. Berikut ini daftarnya.

Cortana

Salah satu fitur paling berani namun tidak banyak digunakan yang kemudian akan dihapus di Windows 11 adalah Cortana. Memang ada sejumlah pengguna yang menggunakan fitur itu sebelumnya, namun yang pasti Cortana tidak akan lagi nangkring di Taskbar Windows 11. 

Cortana gagal menjadi ikon atau bagian dari fungsi Search di Windows 11, seperti yang telah terlihat. Meski demikian, Cortana tetap akan ada walau dalam bentuk aplikasi yang terpisah. 

Internet Explorer

Sudah diketahui bahwa Microsoft akan mematikan Internet Explorer tahun depan dan Windows 11 ada untuk menguburnya. Microsoft tidak akan menyertakan Internet Explorer di Windows 11, namun akan menjadi bagian dari browser Edge sebagai Mode IE.

Mode Tablet

Mode Tablet, yang dulunya digunakan untuk perangkat Surface Pro Windows 10, tidak akan ada di Windows 11. Sesuai dengan namanya, ini berfungsi dengan perangkat tablet. Awalnya, Windows menghilangkan penggunaan keyboard perangkat keras di tablet, dan kemudian menghadirkan Mode Tablet, dengan mengadopsi antarmuka yang ramah sentuhan. 

Kini Microsoft menghilangkan Mode Tablet, yang menjadikan antarmuka baru lebih bisa beradaptasi, sehingga penggunaanya tetap konsisten di seluruh perangkat. Microsoft juga mengatakan bahwa fungsi dan kemampuan baru telah disertakan untuk posisi pemasangan dan pelepasan keyboard. Ini berarti bahwa fungsionalitas akan tetap ada tetapi tidak membutuhkan mode tambahan.

Quick Status

Pengguna Windows 10 bisa menempatkan aplikasi di halaman Lock Screen, sehingga pengguna bisa melihat notifikasi kalender berikutnya, atau mendapatkan peringatan mengenai perubahan cuaca. Nantinya di Windows 11, fungsi tersebut akan digantikan lewat Widget, jadi Microsoft menghilangkan fitur Quick Status di Lock Screen Windows 11. 

Start Screen

Di Windows 10, pengguna bisa menambahkan ikon aplikasi di halaman Start, dan mengelompokkannya dalam kotak berukuran kecil, sedang atau besar dengan animasi tambahan. Di Windows 11, pengguna tidak akan lagi bisa mengubah ukuran dari halaman Start, termasuk Live Tiles akan dihilangkan. 

Aplikasi dan situs yang telah disematkan di Windows 10 tidak akan terbawa ke Windows 11. Dengan demikian pengguna memakai daftar pustaka aplikasi yang lebih kecil. 

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend