Fitur Windows Spotlight Bawa Kesenangan Baru ke Windows 11

Fitur Windows Spotlight Bawa Kesenangan Baru ke Windows 11

NESABAMEDIA.COMMicrosoft akhirnya membawa salah satu fitur yang lebih baik ke Windows 11, yakni Windows Spotlight, yang merupakan sebuah ‘percikan’ baru ke sistem operasi dengan kehangatan dan pesona yang dibawa. 

Microsoft bisa dibilang merupakan perusahaan teknologi yang menjadi penggemar fotografi alam. Lihat saja seperti sebuah lereng bukit di California yang kemudian menjadi latar belakang ikonik bernama Bliss di Windows XP. 

Microsoft diam-diam juga mengumpulkan koleksi fotografi profesional, menjadikannya tersedia sebagai tema Windows 10, dan itu menjadi salah satu cara hebat untuk mempersonalisasi perangkat PC Windows anda. Pada dasarnya, tema-tema ini memungkinkan anda dalam memilih dari banyak foto dengan subjek tertentu, seperti pemandangan, kucing atau astrofotografi. 

Microsoft menggunakan foto-foto tersebut untuk menambahkan beberapa warna dan konteks ke properti lain yang mereka miliki. Bing.com misalnya, yang cenderung memamerkan foto-foto bangunan dan kota yang secara visual mengesankan dan memiliki beberapa sejarah yang perlu ditelusuri. 

Sebelumnya, anda bisa memuat beberapa gambar ini secara otomatis sebagai wallpaper desktop melalui aplikasi Bing Wallpaper. Jika diperhatikan, tampilan Lock Screen perangkat Windows anda sekarang juga menampilkan foto yang representatif.

Sekarang, ada cara baru untuk menambahkan sedikit warna ke desktop anda, yakni melalui Windows Spotlight, yang ditambahkan sebagai bagian dari pembaruan kumulatif Windows 11 KB5014019. 

Windows Spotlight akan menampilkan gambar baru ke latar belakang desktop anda setiap hari, menempatkan salah satu pemandangan alam yang dikumpulkan Microsoft, ke belakang ikon desktop anda. Secara default, fitur ini dimatikan jadi anda tidak akan melihat adanya perubahan, jika telah memiliki wallpaper sendiri. 

Fitur ini tidak lagi menjadi bagian dari program pratinjau Windows Insider, karena sudah tersedia untuk semua pengguna Windows 11. Karena ini adalah pembaruan opsional, anda harus mengunjungi halaman Windows Update di aplikasi Settings untuk mengunduh dan memasangnya.

Namun nantinya, ini akan menjadi bagian dari Windows 11 dalam beberapa minggu ke depan, sebagai bagian dari pembaruan Patch Tuesday bulan Juni nanti. 

Untuk mengaktifkan fitur Windows Spotlight, anda harus membuka aplikasi Settings → Personalization → Background dan alihkan menu dropdown ke Windows Spotlight. Wallpaper anda kemudian akan diubah ke latar belakang untuk hari tersebut. 

Tidak seperti paket tema biasanya, anda tidak memiliki opsi untuk mengubah latar belakang setiap jam atau setiap menit. Anda juga tidak memiliki opsi untuk mengganti latar belakang desktop itu untuk mencari gambar yang anda sukai. Ada kemungkinan opsi ini akan ditambahkan di masa mendatang. 

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend