5 Fungsi Manajemen Menurut Para Ahli / Henry Fayol yang Perlu Diketahui

Pada sebuah perusahaan, kunci untuk dapat memperoleh hasil manajemen secara maksimal yaitu para pendiri atau manajer yang ada di dalam perusahaan tersebut haruslah memiliki kemampuan untuk menguasai 5 fungsi dari manajemen.

5 Fungsi manajemen tersebut akan menjadi panduan langkah untuk seorang manajer guna dapat menjalankan beberapa proses dari manajemen yang bertujuan untuk menggapai tujuan dari sebuah perusahaan atau organisasi.

Maka dari itu, fungsi manajemen harus ditingkatkan pada sebuah perusahaan atau organisasi agar produk yang dihasilkan memiliki kualitas yang bagus. Dengan begitu banyak manfaat dan keuntungan yang dapat diambil oleh perusahaan tersebut. Dan di bawah ini akan dijelaskan apa saja fungsi manajemen.

Fungsi Manajemen

Fungsi Manajemen adalah

Sebelum mengetahui apa-apa saja fungsi manajemen menurut Henry Fayol, kita harus mengetahui terlebih dahulu siapakah Henry Fayol tersebut. Henry Fayol adalah orang yang petama kali yang memperkenalkan fungsi manajemen, ia juga seorang ahli pada bidang industri pada abad ke-20 dan ia berkebangsaan Perancis.

Fayol juga merupakan orang yang paling berpengaruh dalam konsep manajemen dan ilmu administrasi modern. Nah, peninggalan Henry Fayol yang sangat terkenal adalah mengenai 5 fungsi utama dalam sebuah manajemen. Apa sajakah itu ? Berikut adalah 5 fungsi manajemen menurut Henry Fayol.

1. Planning (Perencanaan)

Planning (Perencanaan)

Fungsi manajemen pertama yaitu Planning atau perencanaan, Henry Fayol mendahulukan Planning sebagai fungsi manajemen yang pertama bukanlah tanpa alasan. Karena menurutnya Planning atau perencanaan merupakan sesuatu yang memiliki peran yang signifikan. Dalam sebuah perencanaan sangat diperlukan untuk dapat mengatur dan mengevaluasi tindakan selanjutnya.

Proses pada perencanaan memiliki sifat yang sangat dinamis, dimana perencanaan dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pada situasi dan kondisi pada saat itu. Dan pada dasarnya proses perencanaan dari sebuah fungsi manajemen merupakan sebuah proses yang telah diawali dengan :

  • Menentukan tujuan dari sebuah perusahaan ataupun organisasi.
  • Dapat menentukan sebuah strategi atau cara untuk dapat mencapai tujuan dari organisasi secara menyeluruh.
  • Serta dapat merumuskan bagaimana sistem pada sebuah perencanaan secara menyeluruh tersebut dapat berjalan dengan saling terintegrasi dan juga dapat terkoordinasi sampai tercapainya sebuah tujuan dari perusahaan maupun organisasi.

Adapun beberapa sasaran dari sebuah fungsi perencanaan tersebut, yaitu :

  • Perencanaan untuk dapat menyediakan maksud dan tujuan yang lebih jelas
  • Perencanaan untuk dapat mengurangi ketidakpastian
  • Perencanaan untuk dapat mengurangi borosnya Sumber Daya
  • Perencanaan dapat dianggap sebagai pedoman dalam sebuah evaluasi kualitas yang sesuai dengan manajemen mutu yang telah ditetapkan sebelumnya.

Baca Juga : Pengertian Pendidikan

2. Organizing (Pengorganisasian)

Organizing (Pengorganisasian)

Organizing atau pengorganisasian adalah sebuah cara untuk dapat membuat sebuah struktur organisasi yang pas dengan sasaran organisasi, sumberdaya yang telah dimiliki, dan juga lingkungan sekitarnya.

Peran pengorganisasian pada fungsi manajemen yaitu dapat berusaha untuk menyesuaikan sumber daya yang terdapat pada organisasi maupun perusahaan untuk bisa mencapai sebuah sasaran organisasi. Sumber daya tersebut yaitu seperti SDA (Sumber daya alam), SDM (Sumber daya manusia), dan sumber daya modal.

Proses-proses tersebut bisa dilakukan dengan tukuan dapat mebagi suatu pekerjaan yang kompleks menjadi sebuah pekerjaan yang lebih sederhana dan mampu dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang.

Pengorganisasian menurut Henry Fayol yaitu adanya pemusatan wewenang pada level pimpinan pada sebuah organisasi. Pimpinan atau setingkat manajer dapat membagi organisasi ke dalam dua aspek yang utama yaitu departementalisasi dan pembagian kerja. Yang mana Departementaisasi merupakan sebuah pembagian dan membuat kelompok dari berbagai aktivitas kerja pada suatu organisasi agar aktivitasnya sama dan berkaitan dengan bisa diselesaikan secara bersamaan.

Sedangkan pembagian kerja merupakan menspesifikasikan sebuah kewajiban agar setiap pekerja di dalam organisasi tersebut memiliki sebuah tanggung jawab untuk dapat menyelesaikan dan mengerjakan berbagai macam aktivitas yang terbatas.

Baca Juga : Pengertian Tax Amnesty

3. Comanding (Pengarahan)

Comanding (Pengarahan)

Comanding atau pengarahan dapat dilakukan dengan tujuan untuk memberikan arahan ke semua pekerja agar mau saling bekerjasama dan dapat bekerja secara efektif dalam mencapat sebuah tujuan dari perusahaan.

Pada fungsi manajemen ini, pengarahan di berikan kepada pekerja dalam bentuk motivasi, kepemimpinan dan juga komunikasi agar dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan cocok dengan tujuan yang telah ditetapkan.

Prinsip dari pengarahan juga memiliki tujuan untuk dapat menyesuaikan tujuan seseorang dengan tujuan sebuah organisasi yang akan dibentuk menjadi tujuan bersama. Maka dari itu, fungsi manajemen pengarahan menurut Henry Fayol ini dimaksudkan dapat memberikan arahan-arahan mengenai sebuah organisasi kepada SDM yang notabene-nya adalah pelaksana pada organisasi maupun perusahaan tersebut untuk dapat menyelesaikan tugas mereka dengan baik.

4. Coordinating (Pengkoordinasian)

Coordinating (Pengkoordinasian)

Fungsi manajemen pengkoordinasian menurut Henry Fayol adalah salah satu fungsi manajemen yang dapat menjaga agar aktivitas sebuah organisasi tetap terus bersinergi dan juga dapat bekerja sama dengan baik. Tidak hanya itu, komunikasi pun uga sangat dibutuhkan dalam sebuah proses koordinasi antar lini di dalam organisasi, baik itu dalam komunikasi formal maupun informal.

5. Controlling (Pengendalian)

Controlling (Pengendalian)

Controlling atau pengendalian sebagai fungsi manajemen menurut Henry Fayol adalah sebuah kegiatan untuk dapat memantau, membuktikan serta memastikan bahwasanya segala aktivitas yang sudah melewati tahapan pada beberapa fungsi manajemen yang sebelumnya telah berjalan sesuai dengan target. Tidak hanya itu, tetapi juga sinkron dengan standar dalam rangka untuk dapat memberi solusi yang bak terhadap sebuah penyimpangan yang sifatnya berarti atau signifikan.

Baca Juga : Pengertian Statistik

Sebenarnya ada banyak penamaan pada fungsi pengendalian atau controlling ini, yaitu appraising, correcting dan evaluating. Tetapi penamaan controlling sangat sering digunakan karena sesuai dan mempunyai arti yang mencakup pada penentuan acuan, pengukuran kegiatan dan pengambilan tindakan yang korektif.

Demikian pembahasan mengenai 5 fungsi manajemen menurut Henry Fayol yang dapat Anda lihat diatas. Semoga penjelasan diatas dapat menambah wawasan Anda seputar ilmu pengetahuan Manajemen.

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend