6 Fungsi Router yang Paling Utama pada Jaringan Komputer, Sudah Tahu?

Router pasti sangat sering kita dengar, karena router sangat erat kaitannya dalam sebuah jaringan, terlebih lagi pada jaringan internet. Lalu, apakah router itu ? Apa maksud dan fungsi-fungsi dari router ? Nah, pasti pertanyaan-pertanyaan tersebut sering terlintas di benak Anda. Pada artikel kali ini akan membahas tentang apa itu yang dimaksud dengan router beserta fungsi-fungsinya.

Router merupakan salah satu perangkat keras dalam sebuah jaringan komputer yang bisa digunakan untuk dapat menghubungkan beberapa jaringan yang sama atau berbeda segmen. Alat ini juga merupakan alat yang biasa digunakan untuk mengirimkan paket melalui jaringan internet dan berguna untuk dapat menuju tujuanya ayau biasa kita sebut dengan proses Routing.

Fungsi Router

Routing itu merupakan proses yang terjadi dalam lapisan ke tiga dari tujuh lapis OSI Layer. Router ini biasanya juga digunakan untuk dapat mengkoneksikan dua buah jaringan yang kemudian digunakan oleh media yang berbeda, contohnya seperti dari Ethernet ke Token Ring. Itulah pengertian mendasar mengenai Router.

Baiklah, dan dibawah ini kita akan memasuki fungsi-fungsi apa saja yang terdapat dari sebuah router. Berikut penjelasannya :

Fungsi-fungsi Router

Fungsi Router

Router merupakan sebuah alat yang memiliki banyak sekali fungsi. Dan fungsi utama yang terdapat pada Router yaitu untuk mendistribusikan atau membagi IP Address baik secara DHCP maupun static ke semua komputer yang telah terhubung ke router tersebut. DHCP atau singkatan dari Dynamic Configuration Protocol ini adalah sebuah layanan yang secara otomatis akan memberikan sebuah nomor IP Address ke komputer yang memintanya.

Dan adanya IP Address unik yang diberikan oleh router kepada setiap unit komputer tersebut dapat memungkinkan setiap unit komputer dapat bisa terhubung satu sama lainnya, dan melakukan komunikasi dengan baik pada Internet maupun LAN. Semakin bertambahnya waktu, teknologi router pun sudah semakin canggih.

Kini untuk menghubungkan komputer dengan jaringan LAn tidak hanya memanfaatkan dengan sambungan kabel, tetapi kita sudah bisa mengandalkan teknologi Wireless. Dengan hanya mengandalkan sebuah gelombang radio yang dihasilkan oleh router tersebut, akhirnya laptop, PC, tablet, komputer dan gadget lainnya dapat disambungkan dengan jaringan selama masih berada pada jangkauan router.

Tidak hanya itu, masih banyak lagi fungsi-fungsi dari router secara lengkap. Berikut beberapa fungsi dari router secara lengkap :

  1. Fungsi dari sebuah router yaitu dapat mentranmisikan sebuah informasi dari suatu jaringan ke jaringan lainnya yang sistem dari kerjanya sama seperti pada Bridge.
  2. Fungsi ini adalah merupakan fungsi utama dari sebuah router yaitu untuk dapat menghubungkan beberapa dari jaringan yang berguna untuk menyampaikan data dari satu jaringan ke jaringan yang lainnya. Tetapi router tersebut bededa hal dengan penggunaan Switch. Karena pada Switch hanya akan digunakan untuk menghubungkan beberapa dari komputer lalu membentuk sebuah AN atau Local Area Network. Dan sedangkan pada sebuah router memiliki kegunaan yaitu untuk dapat menghubungkan antar saru LAN dengan LAN lainnya.
  3. Fungsi router selanjutnya yaitu dapat membaca sebuah alamat logika atau IP Address and destination untuk bisa menentukan proses routing pada satu LAN ke LAN lain.
  4. Fungsi dari router yaitu dapat berupa BOX atau sebuah Operating System yang bisa menjalankan sebuah daemon Routing.
  5. Fungsi router juga dapat berfungsi untuk menghubungkan sebuah jaringan lokal pada sebuah koneksi DDL yang biasa disebut dengan DSL router. Router tersebut juga memiliki sebuah fungsi firewall agar bisa melakukan penapisan paket berdasarkan sumber  dan alamat tujuan dari paket tersebut. Tetapi, itu berarti tidak semua router yang memiliki fungsi yang sama. Router yang juga memiliki fitur firewall ini bisa juga dikatakan sebagai Packet- Filtering Router. Yang mana router ini dapat berfungsi untuk memblokir lalu lintas dari data yang akan dihasilkan secara broadcast, dan akhirnya akan dapat mencegah terjadinya broadcast storm yang kemudian dapat menyebabkan konerja jaringan yang akan melambat.
  6. Dan yang terakhir yaitu Router dapat berfungsi untuk menyimpan tabel routing yang akan digunakan untuk menentukan rute paling baik diantara jaringan LAN ke WAN.

Itulah fungsi-fungsi utama dari sebuah router, dari fungsi-fungsi tersebut kita dapat menyimpulkan bahwasanya router sangat berguna untuk kelancaran dalam sebuah jaringan. Untuk itu, Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara kerja dari sebuah router. Dengan begitu pemahaman Anda mengenai router menjadi semakin bertambah dan matang. Berikut penjelasan cara kerja dari sebuah Router.

Cara Kerja Router

Router

Pada dasarnya Router selalu bekerja dengan cara merutekan sebuah paket atau data dari informasi yang biasa kita sebut sebagai routing. Dengan teknik tersebut, Router akan mengetahui arah mana saja rute perjalanan informasi itu akan dituju. Apakah arah data tersebut berada pada jaringan yang sama atau berbeda jaringan.

Apabila informasi yang akan dituju tersebut mengarah pada jaringan yang berbeda, maka router tersebut akan meneruskannya pada jaringan tersebut, atau bahkan akan sebaliknya. Serta jika paket yang dituju itu berada pada jaringan yang sama, maka router tersebut akan menghalangi paket untuk keluar dan meneruskan paket itu dengan routing pada jaringan yang sama sampai paket tersebut akan terkirim ke tujuan yang benar.

Demikian penjelasan mengenai fungsi-fungsi pada Router beserta cara kerjanya. Dengan adanya penjelasan diatas, semoga Anda dapat dengan mudah untuk memahami fungsi dan cara kerja dari sebuah router. Dan juga semoga artikel ini dapat bermanfaat sebagai bahan ajaran Anda yang ingin menekuni bidak jaringan komputer, khususnya mengenai router.

Article Resources

Leave a Reply

Send this to a friend