10 Fungsi Seni Dalam Masyarakat (Kehidupan Sehari-hari)

Kenali berbagai fungsi seni dalam masyarakat atau kehidupan sehari-hari

Seni adalah bentuk ekspresi dari perasaan manusia yang didalamnya mengandung unsur keindahan dan bentuk ungkapan yang bersifat nyata. Bentuk seni bisa berbentuk gerak melalui tari, nada melalui musik, rupa melalui lukisan atau ukiran, serta syair melalui lirik lagu atau puisi yang memiliki fungsi masing-masing.

Arti yang terkandung dalam seni dapat dilihat dari kreativitas manusia itu sendiri ketika menyampaikan ekspresinya. Seni merupakan bentuk hasil karya seseorang yang terkadang sulit untuk dijelaskan dan sulit untuk dinilai oleh orang lain. Karena, selain untuk menyalurkan hobi, seni juga benar-benar murni dari curahan hati seseorang tersebut.

10 Fungsi Seni dan Penjelasannya

Seni dalam bahasa sansekerta adalah sani yang berarti persembahan, pemujaan dan pelayanan. Dalam arti lain seni memiliki hubungan yang erat dengan bidang keagamaan yang disebut dengan kesenian.

Menurut salah satu para ahli yang berasal dari Indonesia, yaitu Ki Hajar Dewantara yang berpendapat bahwa seni merupakan hasil keindahan yang mampu mempengaruhi perasaan seseorang yang melihat dan dihasilkan oleh perbuatan manusia yang menimbulkan perasaan indah.

Seni memiliki banyak fungsi baik bagi yang membuat atau bahkan yang menikmati hasil karya itu sendiri, berikut fungsi-fungsinya :

1. Sebagai Ungkapan Perasaan Seniman

Sebagai Ungkapan Perasaan Seniman

Sebagai seorang manusia, seniman memiliki emosional. Maka dari kebanyakan seniman menghasilkan seni berasal dari apa yang dipikirkan dan apa yang dirasakan. Beberapa emosional yang dimaksud seperti senang, sedih, marah, gelisah, dan sebagainya.

2. Sebuah Media Hiburan

Media hiburan yang dimaksud adalah seni yang melalui visual maupun audio. Bentuk dari seni tersebut adalah bisa dalam bentuk tarian, drama, atau seni musik yang mampu menghibur dan menimbulkan kepuasan tersendiri bagi para penontonnya.

3. Alat untuk Memenuhi Kebutuhan Fisik

Alat untuk Memenuhi Kebutuhan Fisik

Hanya untuk beberapa orang tertentu seni berfungsi sebagai pemenuhan kebutuhan fisik. Karena manusia memiliki kecerdasan untuk apresiasi pada keindahan dan guna macam-macam benda yang memiliki nilai estetika dan artistik.

4. Media Artistik dan Bentuk Nilai Estetika

Setiap ruangan yang diberi sentuhan seni, baik dari hiasan pada aplikasi dinding secara langsung atau dari hiasan dinding seperti lukisan dan sebagainya. Sentuhan seni merupakan bentuk dari pemberian fungsi artistik seni utama yang memberikan nilai estetika.

5. Bentuk Media Informasi dan Berita

Bentuk Media Informasi dan Berita

Melalui seni kita dapat memberikan informasi tertentu yang ditujukan kepada banyak orang. Dengan menggunakan penerapan seni, berita yang kita sampaikan lebih mudah untuk sampai kepada pembaca berita.

Seni yang dimaksudkan dapat berbentuk poster, brosur. Atau bahkan untuk menyampaikan pesan- pesan tertentu, kita bisa melalui syair lagu, syair puisi dan juga seni drama.

6. Media Keagamaan atau Kepercayaan

Sebenarnya sebagai media keagamaan atau kepercayaan merupakan fungsi utama dari seni itu sendiri. Seni dalam media keagamaan dapat dilihat dari upacara pernikahan, ritual keagamaan atau kepercayaan, lagu-lagu religi dalam islam yang biasanya menggunakan alat-alat musik khas Jawa dan khas dari daerah lain, serta hiasan yang diterapkan pada pakaian atau busana.

7. Media Pembelajaran dalam Pendidikan

Media Pembelajaran dalam Pendidikan

Dengan mengkombinasikan seni dalam proses belajar mengajar akan menjadikan pembelajaran semakin menyenangkan dan tidak membosankan. Menggunakan cara seperti ini akan menjadikan setiap penerima pembelajaran juga lebih mudah. Selain itu nilai-nilai seni sangat penting disampaikan dalam pendidikan.

8. Media Kesehatan dan Pengobatan

Sebagai pengobatan dalam seni masih dalam pengkajian, tapi seni sudah banyak dipercaya mampu untuk menjadi alternatif penyembuhan. Seni yang dimaksud baik melalui audio maupun visual.

9. Fungsi Guna

Fungsi Guna

Seni dapat diaplikasikan pada benda-benda yang memiliki fungsi guna. Contohnya ukiran pada pintu sebagai motif selain berguna untuk keluar masuk dalam ruangan, ukiran kaca pada piring juga dapat menambah keindahan piring itu sendiri selain memiliki fungsi guna.

Sebuah benda tanpa sentuhan seni akan menjadikan benda tersebut menjadi benda jenuh. Tapi kebanyakan benda yang berada di sekitar kita selalu ada sentuhan-sentuhan seninya. Baik dalam bentuk ukiran, warna, atau gambaran.

10. Media Rekreasi

Pada saat ini banyak sekali lokasi yang dijadikan tempat rekreasi karena memiliki nilai seni di dalamnya. Tujuannya adalah sebagai spot foto, menghilangkan kejenuhan, mencari inspirasi bagi sebagian orang.

Selain pada tempat rekreasi, aplikasi seni juga ada pada beberapa mall, cafe, rumah makan, karena pada zaman sekarang semakin banyak orang yang menyukai seni dan menjadi penikmat seni.

Contoh Seni

Contoh Seni

 

Ada cukup banyak jenis seni yang bisa Anda ketahui. Berikut ini beberapa diantaranya:

1. Seni Rupa

Seni rupa merupakan bentuk hasil karya manusia yang memiliki unsur keindahan yang dapat dinikmati melalui tangkapan mata. Contoh hasil karya yang tergolong dalam seni rupa adalah seni pahat/ukir, seni lukis, seni patung, seni instalasi, seni lingkungan (environmental art), seni grafis, seni pertunjukan (performing art), dan sebagainya. Keindahan itu sendiri adalah sesuatu yang mampu menimbulkan kesenangan tersendiri murni dan tanpa paksaan.

2. Seni Sastra

Seni sastra merupakan seni yang dibuat dengan menggunakan kata-kata yang dirangkai sehingga menjadi kalimat yang indah. Seni ini biasanya disampaikan melalui lisan secara langsung atau tulisan.

Dalam seni sastra terdapat dua jenis, yaitu prosa yang berarti sastra yang mendeskripsikan keinginan, keadaan, dan imajinasi. Dan jenis kedua adalah puisi yang cenderung sederhana karena hanya menyampaikan inti permasalahan yang disampaikan.

3. Seni Musik

Seni musik adalah sebuah seni dalam bentuk suara yang ditangkap penikmatnya melalui pendengaran. Musik tercipta dari susunan tangga nada-nada suara. Terdapat dua jenis musik, yaitu vokal yang berarti musik yang hanya bersumber dari manusia saja. Jenis kedua adalah musik instrumental yang berarti musik yang dihasilkan oleh alat-alat musik.

4. Seni Drama atau Theater

Seni drama/teater adalah seni lakon yang diperankan di atas panggung. Seni ini dapat dinikmati melalui penglihatan dan pendengaran. Drama/teater disajikan sesuai gambaran peristiwa yang pernah terjadi atau hanya sekedar imajinasi manusia saja yang kemudian dipentaskan.

Keindahan pada seni drama bisa dilihat dari alur cerita yang jelas, properti yang lengkap untuk penampilan, serta pembawaan karakter yang mendalami pada setiap tokoh.

5. Seni Tari

Seni tari adalah seni yang dinikmati melalui indra penglihatan. Keindahan seni tari dilihat dari gerakan-gerakan tubuh seperti, kaki, gerakan tangan, serta kepala yang dikombinasikan dengan irama musik secara teratur.

Seni tari biasanya digunakan dalam pembukaan dan penutupan sebagai rangkaian suatu acara tertentu, upacara pernikahan, upacara adat, serta hanya sekedar hiburan dalam suatu acara dan kegiatan.

Itulah pengertian secara umum, etimologi, serta salah satu ahli, fungsi-fungsi seni dan contoh dari seni yang dapat menjadikan hidup kita semakin indah. Sebenarnya kita sebagai manusia tidak bisa terlepas dari seni, karena setiap aktivitas yang kita lakukan selalu menghasilkan karya seni.

Dalam kehidupan kita selalu membutuhkan adanya seni agar hidup kita lebih berwarna dan tidak membosankan. Selain untuk penyaluran hobi, hasil karya seni juga sebagai sumber penghasilan kita.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments