Windows 10 versi 2024 BSOD

Gagal Login Aplikasi dan BSOD Muncul Pada Windows 10 Versi 2024

NESABAMEDIA.COMWindows 10 selama ini menjadi layanan yang secara rutin mendapatkan perbaikan dan peningkatan. Namun belangkangan, pembaruan di Windows 10 justru seakan menjadi penyebab bug dan sumber masalah yang muncul di perangkat pengguna. 

Pembaruan Windows 10 diketahui menyebabkan sejumlah masalah beruntun, khususnya dialami oleh para pengguna yang memakai versi Mei 2020 (2024) dan telah menerapkan pembaruan cumulative setelah versi tersebut.

Sejak awal September, banyak laporan dari pengguna bahwa Microsoft merilis perbaikan untuk bug yang terdeteksi. Namun sayangnya, perbaikan di Windows 10 2024 itu justru menimbulkan masalah baru dengan variasi masalah yang jauh lebih beragam, hingga mengakibatkan BSOD.

Microsoft pun mengaku sudah mendapatkan laporan dari masalah turunan yang muncul dan dialami pengguna tersebut. Mereka juga mengaku sudah melakukan perbaikan pada dua isu utamanya.

Masalah Login Aplikasi

Windows 10 dilaporkan menjadi penyebab isu pada Google Chrome, Edge, OneDrive dan sejumlah aplikasi lainnya. Pengguna mengatakan bahwa mereka keluar dari akun aplikasi yang sedang login, dan harus login kembali setiap kali melakukan restart perangkat.

Pada bulan lalu, pihak dari Microsoft mengatakan telah mengetahui masalah tersebut dan sedang melakukan investigasi guna mengetahui penyebab dan memberikan perbaikan. 

Isu tersebut secara teknis memaksa akun pengguna yang sedang login untuk keluar dari aplikasi, dan membuat pengguna harus memasukkan lagi data-data mereka. Bahkan isu ini juga menimpa aplikasi buatan Microsoft sendiri. Setelah diperdalam, rupanya sistem Windows 10 mematikan sesi web, yang artinya pengguna harus selalu memasukkan id dan password setiap kali perangkat dimatikan. 

Diketahui isu ini pertama kali muncul pada bulan Mei, dan jumlah pengguna yang mengalami isu ini semakin bertambah.

Domain Profile Picu BSOD

Jika anda salah satu dari sekian banyak pengguna yang tiba-tiba mengalami BSOD tanpa mengetahui dengan pasti apa penyebabnya, mungkin inilah penyebabnya.

Dari laporan pengguna, sebuah bug di Windows 10 2024 menyebabkan terjadinya BSOD, ketika sistem mendeteksi adanya domain profile atau folder offline di perangkat. 

“Setelah meningkatkan versi ke 2024, banyak komputer kami yang mengalami BSOD dan muncul pesan error pada mrxsmb20.sys ketika login ke jaringan domain. Untuk mengatasi masalah ini, kami harus masuk ke jaringan, tanpa adanya jaringan internet terlebih dahulu. Masalah ini tidak muncul di versi 1903 sebelumnya,” ungkap salah satu pengguna.

Leave a Reply

Send this to a friend