5 Game Jadul Bawaan Windows yang Paling Banyak Digemari

5 Game Jadul Bawaan Windows yang Paling Banyak Digemari

NESABAMEDIA.COM – Seperti yang kita tahu bahwa fungsi komputer tidak hanya digunakan untuk membantu hal-hal produktivitas yang biasa kita lakukan seperti mengerjakan tugas kantor atau tugas sekolah, tetapi komputer juga bisa digunakan sebagai sarana refreshing dan hiburan. Sarana hiburan yang dimaksud bisa jadi dengan bermain game lewat komputer.

Di dalam komputer, terdapat yang namanya sistem operasi yang bertugas untuk mengatur fungsi dasar pada komputer sekaligus menjadi penghubung antara perangkat lunak dan perangkat keras komputer. Salah satu sistem operasi yang populer ada Windows, terutama untuk versi Windows XP dan Windows 7.

Windows dikenal memiliki banyak game default yang hingga saat ini masih menjadi favorit para pengguna komputer angkatan lama, yang mungkin anak jaman sekarang belum ngeh game-game tersebut.

Kita bisa memainkan game tersebut melalui Start Menu, kemudian pilih All Programs selanjutnya pilih Game, maka akan muncul daftar game yang bisa kita mainkan tanpa perlu menginstall game tersebut secara terpisah. Langsung saja, berikut ini beberapa game default bawaan Windows yang sempat populer di masanya, yuk disimak!

1. Spider Solitaire

Spider Solitaire

Spider Solitaire merupakan game permainan kartu yang cukup seru. Cara mainnya cukup mudah yakni dengan menyusun dan mengurutkan kartu yang terbesar hingga terkecil sesuai dengan jenis dan warna kartu yaitu hearts, diamond, club dan spades.

Jika pemain mengalami kesulitan, terdapat tool yang dapat digunakan untuk menambah kartu dari dek pemain. Game Spider Solitaire ini cukup sederhana dan mudah dipahami bahkan oleh pemain yang baru pertama kali memainkan game ini.

2. Pinball

Pinball

Selanjutnya adalah game yang bernama Pinball. Aturan game ini tidaklah rumit, pemain cukup berusaha sebisa mungkin mencegah agar bola tidak jatuh ke lubang dan tetap berada di area pinbal hingga pemain mendapatkan poin atau skor tertinggi.

Selama di dalam area pinball, usahakan bola tetap menyentuh objek lain agar kita bisa mendapatkan poin yang banyak, semakin lama dan semakin banyak objek yang disentuh semakin tinggi pula skor yang akan kita dapat. Pemain dengan skor tertinggi nantinya akan dimasukkan pada papan High Score.

3. Hearts

Hearts

Game selanjutnya yang perlu anda coba untuk refreshing di rumah adalah Game Hearts. Hearts juga merupakan game kartu yang cukup populer dimana game ini bisa dimainkan oleh 4 pemain, dimana 3 pemain lainnya dijalankan secara otomatis oleh komputer.

4. Solitaire

Solitaire

Memiliki pola permainan yang sama dengan Spider Solitaire, pengguna diharuskan menyusun dan mengurutkan kartu dari yang terkecil hingga yang terbesar berdasarkan jenis dan warna kartu yang berada di dek pemain.

Kartu-kartu tersebut nantinya akan dimasukkan ke dalam 4 kotak yang tersedia diatas. Jika anda pernah memainkan kedua game ini, maka pasti anda merasakan bahwa memainkan Solitaire lebih sulit ketimbang Spider Solitaire.

5. Minesweeper

Minesweeper

Meskipun tidak sepopuler game diatasnya, minesweeper merupakan game bawaan Windows yang juga memiliki peminat yang banyak. Game ini cukup sederhana, kita hanya perlu memilih dan mengklik tiap kotak yang ada di layar.

Kita dituntut untuk mengklik semua kotak hingga habis namun jangan sampai salah klik karena terdapat kotak yang berisi bom. Kotak-kotak berisi bom tersebut posisinya random sehingga kita perlu menggunakan insting ketika memainkan game ini.

Itulah beberapa game default bawaan Windows yang bisa anda jadikan untuk hiburan dan mengisi waktu luang. Game favorit anda yang mana?

Leave a Reply

Send this to a friend