Iklan iPhone 12 Tahan Air

Gelombang Kecaman Iklan Tahan Air iPhone 12 Yang Menyesatkan

NESABAMEDIA.COMApple seringkali mendapatkan kecaman karena telah membuat iklan yang salah dan dianggap menyesatkan pengguna dengan menggunakan istilah Waterproof, Water Resistant atau tahan air. Iklan tahan air tersebut membentuk opini dan asumsi di benak pengguna, bahwa perangkat iPhone nantinya bisa dibawa saat berenang, atau menggunakannya di saat guyuran hujan lebat. 

Namun ternyata, iPhone tidak memasukkan ke dalam iklan soal jaminan bahwa pengguna bisa melakukan klaim garansi karena lalai membuat perangkat iPhone kemasukan air dan rusak. 

Gelombang kritikan dan kecaman kembali muncul yang disebabkan oleh iklan iPhone yang baru saja ditayangkan. Iklan tersebut menampilkan seseorang sedang berdiri di tengah hujan lebat sambil menempelkan iPhone 12 di dekat telinganya, seraya sedang melakukan panggilan.

Keterangan di video menunjukkan bahwa tidak ada alasan untuk khawatir, karena smartphone itu memiliki perlindungan dari cipratan dan air. Sejumlah pengguna mengatakan bahwa video itu begitu mengesankan, dan tidak meragukan bahwa iPhone 12 akan bisa bertahan setelah pengujian semacam itu. 

Mungkin guyuran air hujan tidak akan merusak iPhone 12, tetapi kritikan itu ditujukan pada kebijakan layanan Apple yang secara jelas menyatakan bahwa garansi tidak akan berlaku untuk smartphone yang rusak karena kemasukkan air. Dalam hal ini, iklan iPhone 12 yang tahan air itu seperti sebuah ejekan dan provokasi. Selain itu, Apple juga menyebut bahwa penggunaan sehari-hari bisa mengurangi kemampuan tahan air dan debu pada smartphone. 

Memang benar, harus diakui bahwa selama ini memang tidak ada jaminan untuk perangkat yang rusak karena kemasukan air adalah aturan tidak tertulis dalam sebuah industri smartphone. Jika smartphone pengguna terendam air dan kemudian rusak, bersiaplah untuk merogoh kocek sendiri untuk memperbaikinya. 

Meski dihantam kritikan karena iklannya, penjualan iPhone 12 masih menunjukkan angka yang memuaskan bagi perusahaan. Dilaporkan bahwa perangkat itu telah terjual lebih dari 100 juta unit sampai sekarang. Sebagai informasi, smartphone itu mulai dijual sejak Oktober tahun lalu, dengan model iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max.

Leave a Reply

Send this to a friend