• Our Partners:

Google Akan Hapus Data Pribadi Anda Dari Hasil Pencarian Jika Anda Minta

Google Akan Hapus Data Pribadi Anda Dari Hasil Pencarian Jika Anda Minta

NESABAMEDIA.COMKetika seseorang mencari informasi mengenai anda, Google mungkin tidak hanya akan memberikan informasi umum tentang anda, namun juga informasi pribadi anda. Tentu saja, anda bisa meminta Google untuk menghapusnya. Namun sampai sekarang, Google hanya akan mau memproses apabila itu terkait kasus doxxing atau penipuan keuangan. 

Baru-baru ini, Google menerbitkan postingan di blog yang menyatakan bahwa mereka telah memperbarui kebijakannya. Jadi mulai sekarang, anda bisa meminta Google untuk menghapus informasi pribadi yang muncul di hasil pencarian jika menurut anda data yang ditampilkan terlalu sensitif. 

Dalam postingan blog itu dijelaskan bahwa pengguna sekarang bisa meminta penghapusan jenis informasi tambahan saat mereka menemukannya di hasil pencarian Google. Ini termasuk informasi kontak pribadi seperti nomor telepon, alamat email, atau alamat rumah. Kebijakan tersebut juga memungkinkan penghapusan informasi tambahan yang bisa menimbulkan risiko pencurian identitas, seperti kredensial login rahasia.

Berikut ini beberapa informasi yang bisa dipertimbangkan saat meminta penghapusan data pribadi dari hasil pencarian Google:

  1. Kartu identitas resmi seperti KTP atau SIM
  2. Nomor rekening bank
  3. Nomor kartu kredit
  4. Tanda tangan
  5. Catatan pribadi resmi, seperti catatan kesehatan
  6. Info kontak personal, seperti alamat rumah, nomor telepon dan email
  7. Kredensial login

Terkait untuk kasus doxxing, anda bisa meminta penghapusan informasi apabila syarat berikut ini terpenuhi:

  1. Kontak pribadi anda ada atau tercantum
  2. Adanya ancaman eksplisit atau implisit
  3. Adanya panggilan atau perintah untuk bertindak secara eksplisit atau implicit bagi orang lain untuk menyakiti atau melecehkan

Jadi apabila anda menemukan informasi anda muncul di halaman pencarian Google, anda bisa meminta penghapusan data tersebut. Untuk bisa melakukannya, anda harus mengunjungi halaman berikut ini, dan mengisi form pengajuan penghapusan.

Begitu permintaan tersebut dikirimkan, anda akan mendapatkan konfirmasi email secara otomatis dan Google akan melakukan peninjauan berdasarkan persyaratan yang disebutkan di atas. Namun anda juga harus mempertimbangkan bahwa dalam kasus tertentu, pihak Google mungkin akan meminta lebih banyak informasi, apabila pengajuan itu dirasa kurang jelas.

Google mengatakan, apabila URL yang dikirimkan masuk dalam cakupan kebijakan penghapusan, bisa jadi URL itu akan dihapus untuk semua kueri atau URL akan dihapus hanya dari hasil pencarian saja.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend