Mode Google Assistant Driving di Aplikasi Maps

Google Assistant Driving Telah Hadir Di Sejumlah Perangkat Android

NESABAMEDIA.COMMode Google Assistant Driving yang diumumkan pertama kali oleh perusahaan pada 2019 lalu, dilaporkan telah hadir di sejumlah perangkat Android.

Tampilan antarmukanya sedikit berbeda dari apa yang diinformasikan oleh Google saat pengumuman tahun lalu itu. Hadirnya mode Google Assistant Driving itu pertama kali diketahui ada di perangkat Android pada sepekan kemarin, saat pengguna melihat adanya antarmuka navigasi yang cukup asing di Google Maps.

Tidak diketahui apakah hal tersebut bagian dari uji coba fitur yang dilakukan oleh Google atau benar-benar akan dirilis ke publik secara resmi. Sejumlah perangkat yang didatangi oleh Google Assistant Driving itu diantaranya Google Pixel 4, Asus ZenFone 7 Pro dan LG Velvet. Diperkirakan mode Google Assistant Driving itu akan menggantikan fitur Android Auto yang selama ini ada perangkat smartphone Android. 

Spesifikasi dan fiturnya pun masih belum bisa dipastikan apa saja yang bakal hadir. Jika merujuk pada informasi yang diberikan Google pada gelaran konferensi pengembang I/O tahun lalu itu, mode tersebut bisa diakses dengan bantuan Google Assistant dengan menyebutkan kata kunci “Hey Google, Let’s Drive.” Kemudian akan muncul sebuah tampilan dashboard dengan sejumlah fitur terkait mengemudi serta rekomendasi yang sudah dipersonalisasi. Termasuk juga fitur infotainment untuk perangkat yang tidak mendukung touchscreen.

Namun fitur akses integrasi dengan voice itu rupanya masih belum bisa bekerja pada perangkat yang sudah kedatangan mode tersebut. Jadi fitur ini memang masih dalam tahap pengembangan dan uji coba dan belum benar-benar bisa digunakan atau dirilis ke publik. 

Untuk mengetahui apakah smartphone Android anda sudah kedatangan mode tersebut, anda bisa mengeceknya dengan membuka aplikasi Google Maps. Lalu pada menu pengaturan navigasi pilih opsi Google Assistant Settings. Jika sudah ada, maka akan muncul notifikasinya dan jika belum, anda akan diarahkan kembali ke menu utama. 

Saat dikonfirmasi, juru bicara Google belum bisa memberikan informasi secara mendetail dan resmi mengenai adanya mode Google Assistant Driving itu di sejumlah perangkat pengguna. Namun pihaknya hanya bisa menjelaskan bahwa pihaknya tengah melakukan sejumlah eksperimen secara kontinyu agar fitur itu bisa optimal digunakan oleh pengguna.

Leave a Reply

Send this to a friend