Aplikasi Phone by Google Call

Google Call, Rebranding Aplikasi Panggilan Telepon di Android Dengan Tambahan Fitur Istimewa

NESABAMEDIA.COMGoogle dikabarkan kemungkinan besar akan melakukan rebranding pada aplikasi yang telah menjadi icon di Android, yakni Phone Dialler atau Phone by Google. Sumber yang memberikan informasi ini mengatakan bahwa Google kedapatan menggunakan sebuah grafik yang menampilkan sebuah merek dengan nama Google Call, saat mengiklankan aplikasi Phone by Google tersebut.

Seperti halnya aplikasi Phone by Google, dalam iklan itu menjanjikan sebuah “ID Penelepon yang bisa diandalkan”, sebuah fitur utama dari aplikasi tersebut. Aplikasi ini akan menjadi aplikasi bawaan untuk smartphone buatan Google, seperti Pixel dan juga perangkat Android One. 

Iklan Aplikasi Google Call

Iklan Aplikasi Google Call

Namun pihak Google memberikan batasan, perangkat apa saja yang bisa menggunakan aplikasi Google Call ini. Misalnya, terbatas untuk perangkat dengan sistem operasi Android Pie atau di atasnya. Perangkat ini termasuk juga flagship buatan Samsung maupun LG. Pengguna nantinya bisa mengubah aplikasi telepon default dari perangkat, dan memilih Google Call sebagai pilihan defaultnya.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, fitur utama yang ditawarkan oleh aplikasi ini adalah fitur panggilan terverifikasi. Fungsinya, akan memberikan informasi mendetail mengenai pihak yang sedang menghubungi pengguna. Termasuk di dalamnya yakni informasi mengenai nama brand, alasan melakukan panggilan, dan menampilkan apa id penelepon sudah terverifikasi atau belum. Fitur ini pertama kali dirilis oleh Google pada bulan September lalu. Namun masih terbatas untuk pengguna di Amerika Serikat, Meksiko, Brasil, Spanyol dan India. 

Dengan hadirnya fitur panggilan terverifikasi itu, menunjukkan sebuah fakta yang cukup menarik. Sebanyak 54 persen panggilan yang masuk merupakan panggilan yang tidak diinginkan atau berasal dari perusahaan abal-abal. 

Selama ini, smartphone Android yang ada di pasaran memang belum memiliki fitur semacam ini, dalam aplikasi panggilan bawaan. Sehingga sering terjadi kasus penipuan melalui panggilan, atau iklan-iklan penawaran produk yang sangat mengganggu.

Nampaknya, logo dari Google Call yang muncul dalam iklan perusahaan itu sudah cukup sesuai dengan tema logo yang diangkat oleh Google. Menggunakan sebuah icon bergambar gagang telepon dengan warna khas Google yakni merah, kuning, biru dan hijau. Nantinya logo tersebut akan menggantikan logo lama yang hanya berupa icon gagang telepon dengan warna biru solid. Namun sejauh ini belum jelas kapan Google akan menjadikan rebranding ini secara resmi.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend