Google Luncurkan Smartphone Pixel 5a 5G, Intip Harga dan Spesifikasinya

Google Luncurkan Smartphone Pixel 5a 5G, Intip Harga dan Spesifikasinya

NESABAMEDIA.COMSmartphone Google Pixel 5a 5G telah diluncurkan secara diam-diam dan hadir dengan desain yang sama dengan Pixel 4a 5G yang dirilis pada bulan September tahun lalu. Bahkan, bukan hanya desainnya saja, sebagian besar spesifikasinya juga tidak jauh berbeda. Google hanya membuat beberapa perubahan pada smartphone baru itu sambil membuatnya sedikit lebih murah. 

Smartphone Google Pixel 5a 5G hadir dengan layar yang sedikit lebih besar, fitur tahan debu dan air, dan baterai yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan Pixel 4a 5G. Sementara Pixel 5a dijual dengan pengisi daya atau charger yang dibundel, Google dilaporkan telah mengkonfirmasi bahwa seri Pixel 6 tidak akan datang dengan pengisi daya di dalam kotak.

Harga dan Ketersediaan 

Google Pixel 5a 5G dibanderol dengan harga Rp6,4 jutaan untuk satu-satunya model penyimpanan 6GB RAM + 128GB yang ditawarkan dalam satu warna yang dinamai Mostly Black. Smartphone ini telah tersedia untuk pre-order di Amerika dan Jepang, dua negara di mana smartphone itu akan dijual. Smartphone ini akan mulai dijual mulai 26 Agustus. Sebagai perbandingan, Pixel 4a 5G dihargai Rp7,2 jutaan lebih mahal dari smartphone baru ini. 

Spesifikasi 

Pixel 5a 5G menggunakan Android 11 dan layar OLED FHD Plus 6,34 inci 1,080×2,400 piksel dengan kecepatan refresh 60Hz, rasio aspek 20:9, kerapatan piksel 413ppi, dan dukungan HDR. Layarnya sedikit lebih besar dari layar 6,2 inci milik Pixel 4a 5G. 

Smartphone baru ini ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 765G yang sama yang dipasangkan dengan GPU Adreno 620, serta mengemas RAM LPDDR4x 6GB dan penyimpanan 128GB.

Untuk foto dan video, Pixel 5a 5G memiliki pengaturan kamera belakang ganda yang hampir sama dengan Pixel 4a 5G dengan sensor utama 12,2MP yang memiliki lensa f/1.7 dan sensor 16MP dengan f/2.2 ultra-wide. Perbedaannya adalah bahwa kamera ultra-wide pada Pixel 5a memiliki bidang pandang (FoV) yang sedikit lebih lebar pada 118,7 derajat dibandingkan dengan 117 derajat pada Pixel 4a 5G. Perbedaan lainnya adalah bahwa laser autofocus telah dihapus di Google Pixel 5a 5G. Di bagian depan, ada kamera selfie 8MP yang sama dengan aperture f/2.0 yang ditempatkan di hole-notch yang terletak di sudut kiri atas layar.

Pilihan konektivitas pada Pixel 5a 5G termasuk Wi-Fi dual-band, Bluetooth v5.0, NFC, GPS, colokan headphone 3.5mm, dan port USB Type-C. Sensor onboard termasuk sensor jarak, sensor cahaya sekitar, akselerometer, gyrometer, magnetometer, dan barometer. Ada juga pemindai sidik jari yang dipasang di belakang. Smartphone ini mengemas baterai 4.680mAh dengan dukungan pengisian cepat 18W. Baterainya lebih besar dari Pixel 4a 5G yang berkapasitas 3.885mAh. Pixel 5a 5G juga dilengkapi dengan IP67 tahan air dan debu. Dari segi dimensi, smartphone ini berukuran 154.9×73.7×7.6mm dan berat 183 gram.

Di sisi lain, Google meresmikan seri Pixel 6 awal bulan ini dengan memamerkan desain dan beberapa spesifikasinya. Terbaru, sebuah laporan yang diterima nesabamedia.com yang mengutip Google menyatakan bahwa seri Pixel 6 tidak akan datang dengan pengisi daya di dalam kotak. Google dilaporkan telah mengatakan bahwa Pixel 5a 5G akan menjadi smartphone terakhir yang menyertakan pengisi daya, dengan mengatakan bahwa kebanyakan orang sudah memiliki pengisi daya USB-C sendiri sebelumnya.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend