Google Pixel 6 Miliki Bug Serius Pada Pemindai Sidik Jari

Google Pixel 6 Miliki Bug Serius Pada Pemindai Sidik Jari

Google Pixel 6 tampaknya memiliki masalah di mana perangkat smartphone itu tidak lagi mengenali kunci biometrik anda saat baterai habis. Google baru-baru ini meluncurkan smartphone Pixel 6 yang ditunggu-tunggu. Namun, handset yang baru diluncurkan itu telah diganggu dengan sejumlah masalah sejak diluncurkan. Kini, isu baru terkait sensor sidik jari smartphone telah mengemuka.

Awal bulan ini, pengguna Pixel 6 Pro melaporkan masalah di mana layar smartphone berkedip jika mereka menekan tombol daya saat ponsel dimatikan. Kembali pada bulan Oktober, bug Google Pixel 6 Pro juga mulai muncul. Bug tersebut membuat ukuran lubang punch smartphone membesar, memberikan tampilan yang canggung. Kini, beberapa pengguna smartphone seri Pixel 6 mengeluhkan pemindai sidik jari smartphone yang tidak responsif.

Masalah soal pemindai sidik jari ini dilaporkan oleh pendiri APK Pure Artem Russakovskii, yang bekerja sama dengan Android Police. Laporan tersebut mengklaim bahwa ketika smartphone Pixel 6 tiba-tiba mati, sensor sidik jari tidak lagi mampu mendaftarkan pengguna baru. Bahkan, smartphone gagal mengenali sidik jari yang terdaftar sebelumnya. Menurut sebuah thread di Reddit, kesalahan itu mungkin disebabkan oleh pembaruan keamanan terbaru. 

Pengguna lainnya juga melaporkan masalah ini, mencatat bahwa sensor Pixel 6 Pro berfungsi dengan baik tetapi berhenti bekerja ketika ponsel kehabisan baterai.

Pengguna kemudian mencolokkan smartphone untuk mengisi daya dan memasukkan PIN satu kali. Sangat disayangkan, pengguna menyadari ikon pemindai sidik jari telah menghilang dari layar.

Sekarang, mereka tidak memiliki pilihan selain memasukkan PIN untuk membuka kunci smartphone. Ketika pengguna memeriksa pengaturan, mereka menemukan bahwa profil sidik jari tidak muncul lagi di sana. Saat pengguna mencoba mendaftarkan sidik jari lagi, telepon menunjukkan pesan yang menunjukkan bahwa pendaftaran tidak selesai dan pendaftaran sidik jari tidak berfungsi.

Pesan tersebut di atas mendesak pengguna untuk mencoba lagi atau menggunakan jari yang berbeda. Pengguna mencoba jari istrinya dan bahkan menginstal kalibrasi sidik jari dari Google tetapi tidak berhasil. Menurut laporan bug di situs Google Issue Tracker, beberapa pengguna lain mengklaim bahwa opsi pendaftaran sidik jari menghilang di menu Pengaturan setelah mereka mengisi ulang baterai dan mem-boot ulang ponsel. Namun ada juga sebagian kecil yang berhasil mengatur sidik jari baru.

Selain itu, beberapa pengguna mengeluh tentang smartphone Pixel 6 yang lambat dalam mengidentifikasi sidik jari. Namun, raksasa mesin pencari itu menegaskan bahwa itu bukan masalah perangkat lunak.

Menurut Google, masalahnya adalah karena fitur perangkat keras. Perusahaan menjelaskan bahwa algoritma sidik jari memiliki “keamanan yang ditingkatkan.” Akibatnya, dibutuhkan lebih banyak waktu untuk mengautentikasi sidik jari sebelum membuka kunci smartphone. Selain itu, Google belum mengkonfirmasi masalah ini.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend