• Our Partners:

Aplikasi Google Play Music Dihentikan

Google Play Music Hentikan Layanan Mulai September

NESABAMEDIA.COMGoogle memberikan pengumuman resmi bahwa layanan Google Play Music akan dihentikan. Penutupan layanan aplikasi itu akan dilakukan secara bertahap.

Untuk pengguna yang berada di Selandia Baru dan Afrika tidak akan bisa lagi menikmati Google Play Music mulai bulan September. Sementara untuk negara lain, akan dilakukan pada bulan Oktober. Baru pada bulan Desember, seluruh layanan Google Play Music akan dihentikan secara keseluruhan.

Lebih lanjut, selama masa menuju penghentian layanan aplikasi tersebut, Google juga tak akan lagi menerima pembelian pada aplikasinya itu mulai bulan ini. Adapun penyebab dari penghentian Play Music tersebut dikarenakan Google akan berfokus pada pengembangan Youtube Music. 

Seperti yang sudah diberitakan beberapa bulan yang lalu, Google juga telah menyediakan layanan migrasi atau transfer file dari Play Music ke Youtube Playlist. File yang disarankan untuk dipindahkan itu meliputi playlist, artist, album, lagu, konten pembelian, rekomendasi serta file yang diunggah oleh pengguna. 

Migrasi Play Music ke Youtube

Migrasi Play Music ke Youtube

Proses dari pemindahan file-file itupun cukup mudah, seperti halnya saat membuka Youtube pertama kali. Rupanya langkah tersebut menjadi awal dari proses penghentian layanan Play Music.

Selama masa-masa jelang penghentian layanan, Google akan terus memberikan pemberitahuan terkini kepada para pengguna. Untuk saat ini aplikasi Play Music sendiri masih tetap bisa untuk digunakan seperti biasanya. Pengguna masih bisa terus menggunakan, sampai aplikasi itu benar-benar ditutup pada akhir tahun nanti sesuai jadwalnya. 

Akan tetapi bagi pemilik ponsel yang menggunakan Android 10, layanan Play Music tak akan lagi ada di perangkat mereka dan berganti dengan Youtube Music sebagai aplikasi pemutar lagu bawaan. 

Langkah Google dengan menutup layanan aplikasi pemutar lagu itu dianggap banyak pihak sebagai langkah yang wajar. Pasalnya aplikasi tersebut sudah mulai kehilangan penggunanya, dan hanya menjadi kenangan manis masa-masa lalu saat Android muncul pertama kali. Play Music juga kalah bersaing dengan aplikasi pemutar lagu lainnya seperti Spotify ataupun iTunes. 

Bahkan Play Music juga kalah dengan saudaranya sendiri yakni Youtube, yang jauh lebih kompleks sebagai aplikasi hiburan. Pergeseran perilaku pengguna menjadikan Youtube kini tak hanya sekedar layanan video saja, tetapi juga untuk mendengarkan lagu dan siaran podcast.

Leave a Reply

Send this to a friend