• Our Partners:

Statistik Google Play Store dan App Store Pada Kuartal Ketiga Tahun Ini

Google Play Store Catatkan Jumlah Unduhan Aplikasi Sebanyak 28 Milyar di Q3 Tahun Ini

NESABAMEDIA.COMPenggunaan ponsel mengalami peningkatan cukup signifikan pada kuartal ketiga atau pada periode bulan Juli sampai dengan September. Terjadi peningkatan sebanyak 31 persen jika dibandingkan pada periode yang sama pada tahun lalu.

Untuk Google Play Store sendiri, tercatat jumlah download aplikasinya mencapai angka 28,3 miliar totalnya. Jumlah tersebut diketahui tiga kali lipat lebih banyak dibandingkan jumlah download aplikasi di App Store milik Apple, yang jumlahnya diketahui hanya sebanyak 8,2 miliar.

Sementara untuk total download aplikasi Google Play Store sejak awal tahun hingga bulan September jumlahnya mencapai angka 80,6 miliar. Sedangkan App Store sebanyak 26,6 miliar kali. 

Dalam laporan yang sama, diketahui Play Store memiliki jumlah aplikasi yang telah dirilis dan bisa digunakan oleh pengguna jumlahnya diketahui sebanyak 2,7 juta aplikasi. Jauh di atas Apple yang hanya sebanyak 1,82 juta aplikasi. 

Diagram Laporan Google Play Store dan App Store

Jika dilihat dari laporan untuk per kategori aplikasi, paling banyak diunduh adalah aplikasi dengan kategori gaming, sebanyak 13,49 persen. Kemudian disusul dengan aplikasi edukasi sebanyak 9,11 persen dan selanjutnya aplikasi bisnis sebanyak 6,95 persen dari total unduhan yang dicatatkan selama kuartal ketiga tahun ini.

Laporan yang dikumpulkan oleh App Nanie dan juga Safebettingsites tersebut juga mencatatkan adanya peningkatan jumlah penggunaan ponsel dalam kuartal ketiga atau mulai bulan Juli, Agustus dan September. 

Jika merujuk pada laporan tersebut, seluruh penduduk dunia telah menghabiskan waktu mereka sebanyak 180 miliar jam lebih untuk menggunakan aplikasi mobile. Jumlah ini meningkat sebanyak 25 persen untuk hitungan tahunan. 

Secara berurutan, aplikasi yang paling banyak digunakan selama periode tersebut mulai dari yang tertinggi adalah Facebook, kemudian Whatsapp, Messenger dan Instagram. Selanjutnya diikuti oleh Amazon, Twitter, Netflix, Spotify dan Tik Tok. 

Diketahui juga, Tik Tok menjadi aplikasi non-gaming yang paling mendapatkan keuntungan tertinggi nomor dua selama kuartal ketiga tahun ini. Kemudian model transaksi untuk kategori selain gaming didominasi oleh pembayaran aplikasi berlangganan. 

Dari laporan di atas, wabah pandemi rupanya memiliki andil besar dalam mengubah perilaku pengguna ponsel. Karena kegiatan outdoor menjadi sebuah hal yang dibatasi, maka masyarakat pun sudah pasti beralih melakukan kegiatan dengan menggunakan ponsel.

Leave a Reply

Send this to a friend