• Our Partners:

Google Docs Material You

Google Sheets, Docs dan Slides Dapatkan Akses Material You

Google nampaknya masih akan terus mengembangkan sistem mereka dan layanan agar dapat terintegrasi lebih baik, salah satunya ialah UI dari Material You yang mana kini telah ada di sejumlah ponsel Android 13. Kini, Google kembali memperluas ke layanan mereka yang lain, Sabtu (19/11).

Google melalui Docs, Sheets dan Slides kini memberikan tampilan yang berbeda melalui integrasi langsung dengan Material You. Seperti yang telah banyak pengguna Android 13 ketahui, bahwa Google merilis Material You untuk UI yang lebih baik di sistem mereka.

Material You memberikan pengalaman yang lebih baik untuk pemilihan warna tema dan UI di Android, di mana Anda dapat menggunakan tone warna yang sama untuk icon aplikasi, tema dan layanan Google lainnya. Meskipun begitu, tentu masih membutuhkan waktu yang lama untuk menerapkan ke semua sistem.

Google kembali merilis dukungan ini untuk mereka yang menggunakan Docs, Slides dan Sheets yang mana kini memberikan dukungan untuk tampilan UI yang terintegrasi dengan Material You. Itu artinya, tampilan ketiga layanan tadi akan menyesuaikan dengan tone warna tema yang Anda terapkan di ponsel Android 13.

Dukungan Material You ini diberikan oleh Google melalui akses Toggle yang hadir di ketiga layanan tersebut, artinya pengguna nantinya dapat mengaktifkan fitur ini sesuai keinginan. Sehingga tema dari Material You akan terpasang di ketiga layanan Google tadi.

Google Docs Material You

Toggle untuk aktifkan Material You

Google Docs, Sheets dan Slides akan mendapatkan Toggle ini yang mana tersedia juga untuk akses Offlline. Kini, akses Material You akan diterapkan oleh hampir ke semua fitur yang ada dalam ketiga layanan Google tadi, nah beberapa perubahan yang dapat dilihat melalui UI baru ini ialah sebagai berikut:

  • Accessibility: Visual presentation is more accessible
  • Color: New color mappings meet non-text-contrast requirements in addition to compatibility with dynamic color
  • Icons: Ability to have an optional icon within the switch thumb
  • Layout: Track is taller and wider

Meskipun begitu, Google masih akan terus mengembangkan fitur ini agar dapat diterapkan di semua layanan mereka. Mengingat fitur ini masih belum bekerja dengan baik untuk akses seperti pengaturan di layanan Sheets, Docs dan Slides.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend