Google Tambahkan 1000 Emoji Baru ke Android

Google Tambahkan 1000 Emoji Baru ke Android

NESABAMEDIA.COMJika ada Android versi baru yang dirilis, itu biasanya juga akan ada emoji baru, dan sepertinya Android 12 akan mengalami hal ini. Google baru saja mengumumkan bahwa mereka telah meluncurkan perubahan ke sistem operasi barunya itu, termasuk beberapa aplikasi mereka seperti Gmail, Google Chat, dan Chrome OS. 

Untuk emoji baru, Google telah menambahkan sebanyak 992 emoji yang telah didesain ulang dan beberapa emoji yang sebelumnya tertunda untuk dirilis di Unicode 14.0. Google juga melaporkan bahwa aplikasi Android nantinya akan bisa menggunakan emoji baru secara terpisah dari pembaruan sistem. 

Pada awalnya, hal ini dikira sebagai peningkatan pada fitur EmojiCompat yang lama, namun Google kemudian memberikan penjelasan tambahan bahwa hal tersebut sama sekali salah. Sepertinya, yang satu ini akan benar-benar jauh berbeda, dan bahkan smartphone lama juga akan mendapatkannya. 

Diantara pembaruan emoji yang cukup banyak itu, salah satu yang menarik adalah adanya emoji yang sedang mengenakan masker, dengan terlihat sedih dan tidak sehat. Emoji ini akan mewakili kondisi yang telah terjadi selama hampir dua tahun terakhir, akibat wabah pandemi.

Emoji Masker

Emoji Masker

Secara umum, perubahan emoji yang dibawa itu adalah dengan menjadikannya lebih datar, mengurangi efek gradien dan efek 3D, dengan meningkatkan kontras serta mempertajam warna untuk terlibat sedikit lebih ‘pop’. Beberapa perubahan terlihat kurang begitu realistis, terlihat hampir seperti foto poster, sementara yang lainnya terlihat terlalu kartun. 

Secara singkat, perubahan yang dibawa tidak begitu konsisten, namun terlihat lebih modern. Dengan banyaknya variasi emoji yang berbeda-beda, memang tidak mungkin bagi Google untuk menyamaratakan tampilan emoji-emoji itu karena justru akan terlihat lebih memaksa. 

Google juga merilis perubahan besar yang telah lama ditunggu terkait bagaimana emoji baru nantinya akan dikirimkan ke perangkat Android. Ketimbang menunggu pembaruan sistem, Google kini akan menjadikan pembaruan emoji terpisah dari pembaruan sistem. 

Dengan demikian, emoji akan menjadi bagian khusus tersendiri dari layanan Google Play. Selama ini Google Play Services perilisan pembaruannya lebih baik ketimbang pembaruan sistem. Pembaruannya lebih cepat dan rutin, sehingga setiap perubahan bisa hadir lebih cepat ke perangkat Android pengguna.

Leave a Reply

Send this to a friend