Google Tidak Akan Sertakan Charger di Pixel 6 dan Pro

Google Tidak Akan Sertakan Charger di Pixel 6 dan Pro

NESABAMEDIA.COMSmartphone Google berikutnya akan sangat berbeda dalam hal spesifikasi, desain, dan kamera. Diketahui juga bahwa smartphone Google Pixel 6 dan 6 Pro tidak akan menyertakan pengisi daya (charger) USB-C di dalam kotak bundel pembelian.

Selama beberapa tahun terakhir, Google telah menyertakan adaptor daya (charger) USB-C 18W dengan setiap ponsel Pixel. Pixel asli pada tahun 2016 terutama menyertakan charger yang sebagian warnanya cocok dengan perangkat, tetapi kemudian Google lebih memilih beralih ke tampilan berwarna putih yang sangat mencolok. Ini cukup mudah dengan dukungan untuk USB Power Delivery 2.0 dan bodi plastik berukuran cukup standar.

Penawaran Google dengan charger itu masih disertakan dengan smartphone Pixel 5a yang akan dikirimkan akhir bulan ini, tetapi Google mengatakan bahwa untuk smartphone masa depan mereka, akan dikirimkan tanpa aksesori. Alasan perusahaan adalah bahwa kebanyakan orang telah memiliki pengisi daya USB-C saat ini. Langkah Google ini tentu saja seperti mengikuti Apple dan Samsung pada awal tahun ini. Meskipun mendapatkan kritikan, mereka tetap tidak melakukan perubahan.

Smartphone Google Pixel 6 dan Pixel 6 Pro sepertinya menjadi perangkat pertama yang terpengaruh oleh perubahan ini, dengan Google mendapatkan kesempatan untuk lebih mengecilkan kemasan ritelnya, terutama karena pengisi daya adalah aksesoris paling tebal yang disertakan. Google telah meminimalkan ukuran kotak agar ramah lingkungan, seramah mungkin.

Pembenaran Google mungkin masuk akal untuk perangkat smartphone kelas flagship, tetapi kebijakan tersebut kurang begitu pas untuk smartphone kelas A, mengingat harganya dan menjadi rujukan pengguna pertama, sehingga akan lebih baik untuk tetap menyertakan charger.

Sementara itu, Google akan menjual charger secara terpisah dengan harga sekitar Rp 500 ribuan, dan itu seharusnya juga diberikan diskon. Charger yang dijual terpisah itu termasuk kabel USB-C ke USB-C 1 meter yang dijual Google seharga Rp300 ribuan, yang seharusnya tetap ada di dalam kotak bundel paket pembelian. 

Mengingat, Samsung yang menjual chargernya secara terpisah seharga Rp200 ribuan dan harga yang sama juga diterapkan oleh Apple.

Leave a Reply

Send this to a friend