Apa itu GUI

Apa itu GUI? Mengenal Pengertian GUI (Graphical User Interface)

GUI adalah salah satu user interface yang digunakan untuk melakukan komunikasi antara manusia dengan perangkat seperti komputer, laptop, tablet, dan juga ponsel atau smartphone. Adanya GUI sangat memudahkan pengguna dalam mengoperasikan sebuah sistem operasi, aplikasi, dengan pengaturan dan navigasi yang disediakan. Di bawah ini kami akan mengajak Anda untuk lebih memahami apa itu GUI.

Pengertian GUI

Pengertian GUI

GUI merupakan singkatan dari Graphical User Interface. GUI adalah sebuah perangkat antramuka yang memungkinakn pengguna unutk melaukan interaksi dengan perangkat elektronik.

Di dalam GUI terdapat beberapa elemen seperti icon, menu, widget, dan tab. Untuk bisa menggunakan elemen tersebut, biasanya GUI akan mendapatkan inputan atau masukan secara manual baik dengan mengetik secara fisik maupun melalui layar sentuh atau touchscreen.

Dalam perkembangannya, GUI secara terus-menerus dikembangkan untuk semakin memberikan kemudahan kepada penggunanya. Beberapa pengembangan tersebut contohnya seperti teknologi remote jarak jauh serta teknologi gesture yang akan menjadi sebuah cara inputan di masa yang akan datang.

Mengapa Harus Ada GUI?

Mengapa Harus Ada GUI

Mungkin Anda bertanya kenapa GUI dibutuhkan? Apakah memang komputer benar-benar memerlukan GUI? Untuk menjawab hal tersebut, maka kita perlu membaginya ke dalam dua jawaban. Jawaban pertama, bagi orang awam maka tentu saja GUI sangat dibutuhkan. GUI merupakan sebuah alat yang mampu untuk menyederhanakan penggunaan dari sebuah fungsi. Seperti yang Anda lihat saat ini bahwa komputer atau laptop sangat mudah digunakan. Ha ini tidak lepas dari peran GUI.

Selain itu, komputer merupakan alat atau media yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Jika Anda memiliki komputer yang fungsi-fungsinya harus diketik secara manual, setiap orang yang hendak menggunakan komputer tersebut maka dia harus belajar bahasa pemrograman terlebih dahulu. Akan tetapi, kenyataannya tidak semua orang memiliki waktu untuk belajar tentang bahasa pemrograman.

Maka dari itu, GUI menjadi pilihan yang lebih menarik dan lebih efektif karena kita lebih mudah menggunakan komputer. Semua instruksi yang diberikan sudah jelas dan Anda hanya tinggal memilih mana instruksi yang Anda butuhkan.

Fungsi GUI

Apa fungsi GUI? GUI menggunakan grafis yang berperan untuk menjembatani antara komputer dengan manusia. Penggunaan GUI ini diterapkan pada laptop, komputer, maupun smartphone. GUI juga dipakai sebagai representasi visual agar dapat melakukan fungsi dan perintah pada sistem operasi maupun aplikasi.

Dengan adanya GUI, kita lebih mudah di dalam menggunakan setiap fitur yang tersedia di dalam perangkat elektronik.  Untuk bisa menggunakan fitur tersebut, Anda memerlukan tool yang digunakan untuk menginput perintah. Anda bisa menggunakan keyboard, mouse, dan beberapa tool input yang lainnya.

Demikian informasi yang bisa kami jelaskan mengenai beberapa hal yang berkaitan dengan GUI. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Send this to a friend