• Our Partners:

Hasil Benchmark Intel Alder Lake Kalahkan AMD Dalam Kinerja Gaming

Hasil Benchmark: Intel Alder Lake Kalahkan AMD Dalam Kinerja Gaming

Jika rumor yang beredar selama ini akurat, jadwal rilis Intel Alder Lake sekitar sebulan lagi, dan itu berarti semakin banyak benchmark yang mulai bocor. Kali ini, prosesor Intel Core i9-12900K kelas atas diuji melalui beberapa benchmark dan dalam game, yang memberi pandangan pertama tentang bagaimana performa prosesor itu selama digunakan untuk bermain game.

Intel Alder Lake telah lulus tes benchmark dengan hasil yang mengagumkan, yang kemungkinan besar bisa mengamankan posisinya di daftar prosesor terbaik untuk bermain game di masa depan.

Salah satu benchmark terbaru datang dari Enthusiast Citizen, yang merupakan anggota platform media sosial Cina Bilibili. Leaker itu menguji Intel Core i9-12900K bersama AMD Radeon RX 6600. Selain GPU Radeon yang baru dirilis, platform pengujian menampilkan memori DDR5-3886, yang tampak seperti pendingin CPU dasar, dan motherboard ASRock Z690. Tidak ada casing yang disertakan dalam uji coba ini, sehingga prosesor mendapat banyak aliran udara.

Leaker selanjutnya menjalankan tes sintetis menggunakan program benchmark dan kemudian juga menguji CPU di beberapa game berbeda. Kinerja sintetis diukur menggunakan 3DMark Time Spy dan Fire Strike. Tes ini berjalan sangat baik untuk CPU terbaru Intel, karena prosesor mencatatkan skor 17.915 poin di 3DMark Time Spy dan 41.477 poin di Fire Strike Ultra.

Membandingkannya dengan prosesor generasi saat ini, baik AMD dan Intel, menempatkan Core i9-12900K baru dalam hasil yang luar biasa. Pesaing terdekat dalam 3DMark Time Spy adalah Core i9-10900K, yang meraih skor 14.026 poin, dengan Ryzen 9 5950X di belakangnya dengan 13.780.

Tampaknya Intel Alder Lake yang baru juga akan menonjol dalam gaming, meskipun keunggulan AMD jauh lebih kecil. Menjalankan Forza Horizon 4 pada 1080p di Windows 11 menghasilkan 193 fps. Leaker menguji game yang sama pada rig Ryzen 9 5950X, menghasilkan 189 fps. Tes ini dilakukan pada Windows 10, yang saat ini sangat masuk akal, mengingat fakta bahwa Windows 11 dilaporkan mengalami masalah terkait perlambatan kinerja gaming dengan prosesor AMD.

Prosesor ini juga di-benchmark dalam game Rainbow Six Siege (252 fps pada 1080p) dan Shadow of the Tomb Raider (112 fps pada 1080p). Tes ini hanya dilakukan pada sistem Alder Lake, jadi tidak bisa melakukan perbandingan dengan CPU yang setara.

Dengan spesifikasi dan kisaran harga Intel Core i9-12900K akan segera terungkap, tidak heran jika ia menjadi monster gaming sejati. CPU tersebut bakal memiliki 16 core dan 24 thread. Delapan dari intinya akan menjadi inti Kinerja dengan 16 thread, dan delapan sisanya adalah inti Efisiensi dengan delapan thread. Ini juga akan menampilkan cache L3 30MB.

Intel Alder Lake akan diluncurkan sekitar awal November, meskipun tanggal pastinya masih sebatas rumor. Bersamaan dengan itu, kita mungkin akan melihat rilis banyak motherboard seri 600 baru dengan soket LGA1700 baru, serta RAM DDR5.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend