Headset VR Apple Masuki Uji Produksi, Meluncur 2022

Headset VR Apple Masuki Uji Produksi, Meluncur 2022

NESABAMEDIA.COMSebelumnya telah seringkali terdengar kabar tentang perangkat headset Virtual Reality (VR) Apple selama beberapa tahun terakhir. Kini kembali lagi santer diberitakan bahwa Apple bakal segera meluncurkan perangkat tersebut, dalam waktu dekat.

Informasi yang diterima nesabamedia.com, mengungkap beberapa berita mengenai status perangkat headset VR Apple itu. Kabar utamanya adalah, bahwa perangkat tersebut telah memasuki pengujian produksi, di mana Apple bekerjasama dengan TSMC, dan sedang menuju rilis 2022.

Sayangnya, tidak semua kabar tersebut memberikan kesan yang baik. Dilaporkan juga bahwa Apple menggunakan sensor CMOS khusus yang sangat besar, melebihi standar normal. Sensor yang digunakan untuk menangkap data gambar beresolusi tinggi dari lingkungan pengguna untuk AR dan TSMC dilaporkan mengalami beberapa masalah dalam proses pengujian produksi, sehingga hasilnya pun mendapatkan nilai buruk.

Informasi tersebut juga mengkonfirmasi rumor lama bahwa perangkat headset Apple VR akan menjadi perangkat yang ditambatkan, dan akan bergantung pada sebagian besar fungsinya pada iPhone atau iPad. Namun, Apple juga menyebutkan bahwa perangkat itu bisa digunakan secara nirkabel dengan memanfaatkan tethering.

Sayangnya, hal ini juga mengurangi kompleksitas perangkat, dengan chipsetnya dilaporkan tidak memiliki teknologi canggih, termasuk mesin saraf, yang biasanya ditemukan pada perangkat iPhone modern.

Apple dilaporkan telah menyelesaikan banyak pekerjaan dalam pengembangan perangkat headset tersebut, termasuk desain chipset pada tahun 2020, dan desain fisik SoC serta dua chip rancangan Apple lainnya yang sekarang terlibat dalam pengujian produksi. Sensor gambar dan driver tampilan juga dilaporkan telah rampung.

Berbagai rincian perangkat telah bocor, termasuk bahwa perangkat itu akan memiliki layar 8K, pelacakan mata canggih, lensa Fresnel focal length dengan ultra-pendek hibrid yang terbuat dari plastik untuk menjaga beratnya di bawah 150 gram. Kemudian juga memiliki total 15 modul kamera, delapan di antaranya akan digunakan untuk pengalaman inti AR/VR sementara sisanya akan digunakan untuk fungsi biometrik.

Headset dilaporkan akan mendukung VR dan AR, melalui kamera passthrough. Rumor lainnya menyebutkan bahwa Apple akan mulai mengumumkan keberadaan perangkat tersebut secara resmi tahun ini.

“Dalam beberapa bulan ke depan, perusahaan siap mengumumkan headset Mixed Reality, perangkat baru pertama sejak 2015. Jika memungkinkan, Apple tidak ingin membuat pengumuman penting seperti itu dalam event online. Ia ingin karyawan, media, mitra, dan pengembangnya ada di dalam satu ruangan,” ungkap Mark Gurman dari Bloomberg.

Perangkat tersebut kemungkinan besar akan dirilis kepada para pengembang terlebih dahulu mulai tahun depan. Setelah Apple merilis headset AR – VR mereka pada tahun 2022, Apple dilaporkan berencana untuk merilis headset AR murni pada tahun 2023.

Leave a Reply

Send this to a friend