Honor Play 4 Pro Bisa Deteksi Suhu Tubuh dengan Kamera Infrared

NESABAMEDIA.COM – Suhu tubuh yang mendadak naik lebih tinggi daripada biasanya, bisa jadi merupakan gejala awal dari infeksi virus Corona. Karena itulah, perlu diadakan pemeriksaan suhu tubuh secara rutin untuk mendeteksi kemungkinan tersebut sedini mungkin. Untuk mempermudah pengecekan suhu tubuh, perusahaan smartphone Honor meluncurkan sebuah varian khusus dari Honor Play 4 Pro yang dilengkapi dengan sensor infrared.

Sensor infrared itu dibenamkan pada kamera yang terletak di bodi belakang Honor 4 Play Pro. Selain suhu tubuh manusia, kamera tersebut juga dapat mendeteksi suhu objek seperti es krim dan suhu badan hewan peliharaan.

Dalam sebuah video yang diunggah di Weibo, Wei Xiaolong yang menjabat sebagai manajer produk dari seri Honor Play, mendemonstrasikan cara menggunakan smartphone 5G tersebut untuk mendeteksi suhu tubuh.

Berbeda dengan helm teknologi baru milik TNI Angkatan Darat yang mampu mendeteksi suhu tubuh orang lain dalam jarak 10 meter, bagian belakang Honor 4 Play Pro harus ditempatkan pada jarak yang sangat dekat dengan dahi atau pergelangan tangan. Di dalam video tersebut terlihat bahwa smartphone hampir menyentuh dahi pada saat pengecekan suhu tubuh dilakukan. Setelah beberapa saat, suhu tubuh orang yang diperiksa muncul pada layar HP dalam satuan derajat celcius.

Pada saat ini jajaran ponsel seri Honor Play 4 sudah bisa dipesan melalui pre-order di Cina. Varian standarnya yang dilengkapi dengan RAM 6 GB dan penyimpanan 128 GB dijual dengan harga 1,799 Yuan (sekitar Rp 3,6 juta), sedangkan untuk varian yang sama dengan RAM 8 GB dan penyimpanan 128 GB dijual seharga 1,999 Yuan (sekitar Rp 4 juta).

Untuk Honor Play 4 Pro dengan RAM berkapasitas 8 GB dan penyimpanan sebesar 128 GB, harganya yaitu 2,899 Yuan (sekitar Rp 5,8 juta). Sedangkan untuk Honor Play 4 Pro yang dibekali sensor infrared untuk mendeteksi suhu badan dijual dengan harga yang lebih tinggi, yaitu 2,999 Yuan (sekitar Rp 6 juta).

Penggunaan teknologi infrared di dalam ponsel itu sendiri sebenarnya bukan sesuatu yang baru. Sebelumnya teknologi ini sudah pernah digunakan untuk fitur face unlock pada ponsel Xiaomi Pocophone F1. Kamera infrared juga dapat ditemui pada OnePlus 8 Pro, yang belakangan ini menjadi kontroversial karena ternyata bisa tembus pandang beberapa objek seperti pakaian dan plastik yang tipis. [az/tn]

Leave a Reply

Send this to a friend