• Our Partners:

Ide Elon Musk Jadikan Twitter Lebih Menguntungkan

Ide Elon Musk Jadikan Twitter Lebih Menguntungkan

NESABAMEDIA.COMDunia teknologi belakangan dihebohkan dengan kabar bahwa Dewan Pimpinan Twitter secara resmi setuju untuk menjual jejaring sosial itu ke Elon Musk. Untuk membeli Twitter seharga hampir Rp635 triliun itu, Musk harus mengambil pinjaman bank sangat besar.

Dalam perjanjian pemberian pinjaman itu, Musk ditanyai tentang bagaimana dia nantinya akan mengembalikan uang sebanyak itu melalui keuntungan Twitter, yang selama ini diketahui sangat sedikit sekali keuntungannya.

Tiga sumber orang dalam yang mengetahui perjanjian pemberian pinjaman ini telah membocorkan beberapa rencana Elon Musk untuk menjadikan Twitter mendapatkan lebih banyak uang. Ketika itu disebut rencana, perlu diketahui bahwa itu bukanlah sebuah komitmen yang pasti. Sebab ini hanya berupa ide dari Elon Musk yang dia katakan kepada pihak bank, agar proses pinjaman itu sukses. 

Setidaknya, ada beberapa ide yang dibocorkan orang dalam tersebut. 

Pertama adalah untuk meningkatkan keuntungan, maka biaya harus dipangkas. Musk sebelumnya telah mencuitkan bahwa begitu Twitter tidak lagi menjadi perusahaan publik, maka gaji para dewan Twitter bukan menjadi sebuah masalah penting, dan ini akan menghemat miliaran rupiah. 

Kemudian, kompensasi berbasis saham Twitter untuk tahun 2021 diketahui meningkat sebesar 30%. Dengan perusahaan menjadi perusahaan pribadi, jumlah itu akan turun secara signifikan dari waktu ke waktu.

Margin kotor Twitter, yang merupakan selisih antara pendapatan dan harga pokok penjualan kemudian dibagi pendapatan, sangat rendah. Terutama jika dibandingkan dengan Meta. Ini berarti ada cara untuk memangkas biaya dan dengan demikian akan meningkatkan keuntungan Twitter. 

Salah satu langkah pemotongan biaya itu kemungkinan juga akan melibatkan PHK. 

Ide lainnya yang mungkin lebih menarik adalah memonetisasi akun twitter profil terkenal. Ini bisa melibatkan membebankan biaya kepada situs media pihak ketiga, untuk menyematkan atau mengutip cuitan bernilai tinggi. 

Musk juga menyebutkan ide soal mendorong para selebritis terkenal untuk lebih sering menggunakan Twitter, sebagai upaya meningkatkan mindshare sosial Twitter. 

Dalam sebuah cuitan yang dihapus, Musk menyarankan untuk membuat perubahan drastis pada layanan berlangganan premium Twitter Blue. Ini akan melibatkan pemotongan biaya, memungkinkan pengguna membayar dalam bentuk mata uang kripto dan melarang iklan. 

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend